Bingkai Demokratisasi Isu Pengesahan UU Cipta Kerja (Analisis Framing Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki Pada Media Dalam Jaringan Kompas.Com Dan Tribunnews.Com)

Lussy Yuris Frasticha, Farid Pribadi

Abstract


Pada awal Oktober 2020 proses legislasi atas pengesahan RUU Cipta Kerja mencuat kepermukaan ranah publik. Demokratisasi yang terjadi ditengah pandemi Covid 19 memunculkan ragam respon dari berbagai elemen negara mulai dari eksekutif, legislatif, hingga masyarakat. Penelitian ini berangkat dari pemberitaan media dalam jaringan (online) yang mengangkat isu berita utama yang mendorong sebuah pergolakan aksi besar-besaran demonstrasi atas protes pengesahan yang tidak ideal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hegemoni yang dikemukakan oleh Antonio Gramsci. Metode penelitiannya adalah kualitatif. Teknik analisis data yang diadaptasi adalah analisis framing model Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki. Unit analisis yang dikaji adalah teks berita online yang disajikan www.kompas.com dan www.tribunnews.com.


Keywords


Analisis Framing; Hegemoni; Demokratisasi

Full Text:

PDF

References


Aria Kandiawan, Bintang. 2018. “ANALISIS FRAMING ZHONGDANG PAN DAN KOSICKI BERITA INSIDEN PIALA PRESIDEN 2018 PADA MEDIA DALAM JARINGAN KOMPAS.COM DAN TEMPO.CO EDISI FEBRUARI 2018”. e-Proceeding of Management: Vol.5, No.3.

Eriyanto, 2002. “Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media”. Yogyakarta: LKiS.

Esti Sri Handayani dan Ahmad Junaid. 2018. Pemberitaan Kampanye Pemilihan Presiden 2019 Di Media Siberdan Penerapan Elemen Jurnalisme (Analisis Framing Pada Okezone.Com dan Suara.Com). Koneksi. Vol. 2, No. 2.

Gita Murniasih dkk. 2018. Analisis Framing Model Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki Dalam Film Wadjda. Mediakita. Vol. 2 No. 1.

Hutagalung, Daniel. 2004. “Hegemoni, Kekuasan Dan Ideologi.” Jurnal Pemikiran Sosial, Politik Dan Hak Asasi Manusia 12((Oktober-Desember)):1–17.

Muhammad, Indrabayu dkk. 2017. OBYEKTIVITAS TELEVISI DALAM PILKADA DKI JAKARTA 2017. Jurnal Komunikasi.

Mubarok. 2018. KONSTRUKSI MEDIA DALAM PEMBERITAAN KONTRA TERORISME DI INDONESIA. Kajian Ilmu Komunikasi Volume 48. Nomor 1.

Alex Sobur, Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001), hlm.11.




DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v2i1.3206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats