Representasi Profesionalitas Wartawan Pada Film Kill The Messenger (Analisis Semiotika John Fiske)

Richard Jefferson, Hermawan Pancasiwi, Abraham Wahyu Nugroho

Abstract


Film dapat dimanfaatkan di dalam dunia pendidikan. Hal ini didasari karena film dapat menarik perhatian orang dan menyampaikan pesan secara unik. Film Kill The Messenger merupakan salah satu film yang diangkat dari kisah nyata dan memiliki pesan berkaitan dengan profesionalitas wartawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profesionalitas apa saja yang diterapkan oleh seorang wartawan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai wartawan profesional dalam tingkat realitas, representasi dan ideologi pada film Kill The Messenger. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika John Fiske melalui teori The Code of Television. Analisis meliputi level realitas, level representasi dan level ideologi. Dari penelitian ini, peneliti menemukan tanda-tanda profesionalitas dalam Film “Kill The Messenger”, yang meliputi representasi berita yang faktual dan jelas sumbernya, memiliki rasa terpanggil dan melayani masyarakat, memiliki rasa otonomi dalam membuat keputusan, bertanggung jawab dan transparan terhadap hasil tulisannya, profesional mengatur dirinya sendiri, dan bersifat independen.


Keywords


Profesionalitas; semiotika John Fiske; film Kill The Messenger

Full Text:

PDF

References


Fiske, John 1990. Introduction to Communication Studies. London & New York: Routledge. 12.

Television Culture : Popular Pleasure and Politics. London and New York: Routledge. 1,3,4.

_______ and John Hartley. 2004. Reading Television. London and New York : Routledge. 22.

Oktavianus, Handi. 2015. Penerimaan Penonton Terhadap Praktik Eksorsis Didalam Film Conjuring dalam Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya. 03(2), 6.

Rustam, Syahwal. 2016. “Kesejahteraan Wartawan Untuk Peningkatan Profesionalisme dan Independensi Pada AJI Makassar.” (Skripsi: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar). 16.

Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 11, 15.

W, Dermawan. 2003. Riset Bisnis Panduan bagi Praktisi dan Akademisi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. 37, 119.

Wahyuningsih, Sri. 2019. Memahami Representasi Pesan-Pesan Dakwah Dalam Film Melalui Analisis Semiotik. Surabaya : Media Sahabat Cendekia. 1-2, 7-8.




DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v1i2.3180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats