SIKAP MAHASISWA SURABAYA TERHADAP KONTEN TIKTOK PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA
Abstract
Awal tahun 2024 merupakan masa pemilu bagi Indonesia sehingga memunculkan banyak upaya dari berbagai partai politik untuk melakukan komunikasi politik. Seiring berkembangnya bidang teknologi, media yang digunakan sebagai alat penyampai komunikasi politik juga semakin beragam, salah satunya media sosial. Pada tahun 2024, diprediksi 60% suara berasal dari pemilih muda. Berbagai partai politik dan tokoh politik berlomba dalam merancang komunikasi politik guna menjangkau pemilih muda. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) merupakan salah satu partai politik yang banyak mengunggah konten yang menarik perhatian pemilih muda, sehingga mengalami lonjakan pengikut dalam waktu yang singkat. Media sosial yang diteliti adalah TikTok, mengingat sebanyak 34,9% dari pengguna TikTok Indonesia berusia 18-24 tahun, yang mana usia ini didominasi oleh kalangan mahasiswa. Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah mahasiswa tertinggi di Indonesia dan kota Surabaya sendiri merupakan kota dengan jumlah perguruan tertinggi di Jawa Timur. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa Surabaya terhadap konten TikTok Partai Solidaritas Indonesia. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stimulus Organism Response (S-O-R) untuk dapat mengetahui sikap para responden terhadap konten TikTok PSI. Hasil dari penelitian ini diraih melalui metode kuantitatif deskriptif dan penyebaran survei kepada mahasiswa aktif Surabaya. Pemerolehan data juga menggunakan skala Likert untuk dapat menentukan hasil akhir dan jumlah sampling dari populasi diukur menggunakan rumus Slovin. Setelah menyebarkan survei kepada 100 responden, didapati bahwa sikap mahasiswa Surabaya terhadap konten TikTok PSI bersifat positif dalam tingkat kognitif, afektif, dan konatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita. Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Akili, R. H., & Achmad, W. (2023). The role of political parties in the implementation of democratic general elections in the Indonesian state administration system. Journal of Law and
Sustainable Development, 11(4), e551. https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i4.551
Akmal, W. J., Fatmariza, F., Montessori, M., & Irwan, I. (2024). Persepsi pemilih pemula terhadap berita politik di media sosial tiktok. Journal of Education, Cultural and Politics, 4(3), 602-609.
Albet, H. 2018. Analisis Perubahan Sikap Konsumen dari Moda Transportasi Konvensional ke Moda Transportasi Online (Studi pada Pengguna Gojek di Bandar Lampung). Skripsi Tesis. Institut
Informatika dan Bisnis Darmajaya.
Anggraeni, D. M., & Sunarso, S. (2022). Persepsi tentang kampanye politik melalui media sosial dan partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada Kabupaten Sleman tahun 2020. AGORA, 11(3),
-283.
Arifin, I., Ahmad, M. R. S., Arifin, J., Agustang, A. D. M. P., & Sadriani, A. (2024). Peran Media Sosial Dalam Mempengaruhi Keputusan Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 di Indonesia. Equilibrium:
Jurnal Pendidikan, 12(2), 201-208.
Damiati. 2017. Perilaku Konsumen. Edisi ke-1. RajaGrafindo Persada.
Diana, D. (2021). Media Sosial dengan Sikap Pemilih Pemula. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9 (4), 829.
Effendy. (2003). Ilmu, teori, dan filsafat komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.
Fawahan, L., & Purnasari, I. M. (2021). Membangun branding produk UMKM melalui media sosial tiktok. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 280–289.
https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i2.627
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, & Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. (2023). BPS provinsi jawa timur. Retrieved May 17, 2024, from BPS Provinsi
Jawa Timur website: https://jatim.bps.go.id/statictable/2023/07/20/2938/jumlah-mahasiswa-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-kabupaten-kota-2021-
dan-2022.htmlz
La Ode, M. N., & Menungsa, A. S. (2023). Strategi Komunikasi Politik Anggota Legislatif STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK ANGGOTA LEGISLATIF TERPILIH PADA PEMILU 2019. JAPMAS: Jurnal
Politik dan Demokrasi, 1(1), 44-52.
Lauren, S., Saputri, H., & Magda, S. (2022). Analysis of the Use of Instagram as a Publication Media in Building a Brand Image of@ Kurve. official. Budapest International Research and Critics
Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 1687-1696.
McQuail, D. 2010. Teori Komunikasi Massa. Edisi ke-6. Salemba Humanika.
Miller, D., Sinanan, J., Wang, X., McDonald, T., Haynes, N., Costa, E., & Nicolescu, R. (2016). How the world changed social media. UCL press.
Muhtar, S., Pratidina, G., Putri, Y. S., Novando, Azhara, S., Saepullah, P. I. Ardika, M., Ramadhan, A., Julia, A. S. D., Sartika, I., Rahani, H. S. R. dan Maulinda, W. 2023. Peran penting pemilih pemula
dalam pemilu 2024. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 04 (02):145-155
Oparaugo, B. (2021). Media and politics: Political communication in the digital age. Available at SSRN 3780554.
Papakyriakopoulos, O., Serrano, J. C. M., & Hegelich, S. (2020). Political communication on social media: A tale of hyperactive users and bias in recommender systems. Online Social Networks
and Media, 15, 100058.
Pengguna TikTok Indonesia Gempar, Potensi Cuan Menggelegar! (2021). Retrieved May 19, 2024, from Ginee website: https://ginee.com/id/insights/pengguna-tiktok/
Perkasa, V. D., Fernandes, A., Suryahudaya, E. G., & Fahrizal, D. N. (2022). Pemilih Muda dan Pemilu 2024: Dinamika dan Preferensi Sosial Politik Pascapandemi. URL: Rilis Survei Pemilih Muda dan
Pemilu 2024: Dinamika dan Preferensi Sosial Politik Pascapandemi (csis.or.id).
Poernomo, M. I. (2023). Buku ajar komunikasi politik. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Pramono, I. D. M. (2023). Pengaruh aktivitas social media marketing akun tiktok @eatsambel terhadap keputusan pembelian oleh followers akun tiktok @eatsambel. Universitas Atma Jaya
Yogyakarta.
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Pascal Books.
Renasya, S. A., & Dirgantara, P. (2022). The Influence Of Using Clubhouse Application On Fulfilling Information Needs Of Movies For Clubhouse Indonesia Community. Management Studies and
Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 3201-3208.
Rizaty, M. A., & Cakti, G. A. (2024). Data Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia pada 2024. Dataindonesia.Id. Retrieved from https://dataindonesia.id/internet/detail/data-jumlah-pengguna-
media-sosial-di-indonesia-pada-2024#
Rustiyarso, & Wijaya, T. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (1st ed.; Utami, Ed.). Noktah.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Tang, D. (2019). The new situation of marketing in the self-media era-taking TikTok as an example. 2nd International Workshop on Advances in Social Sciences.
Wahid, U. (2016). Komunikasi politik: Teori, konsep, dan aplikasi pada era media baru. Simbiosa Rekatama Media.
Wijaya, A. M. (2022). Efektivitas Strategi Pembelajaran Ropes dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan
Ilmu-ilmu Sosial, 6(1), 145-150.
DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v5i1.12255
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats