ANALISIS SENTIMEN DAN JARINGAN AKTOR TERHADAP KOMERSIALISASI TRAGEDI PADA VIDEO YOUTUBE TRAILER FILM VINA : SEBELUM TUJUH HARI
Abstract
Penelitian ini menganalisis sentimen publik dan jaringan aktor terkait komersialisasi tragedi dalam trailer Film “Vina: Sebelum Tujuh Hari” yang diunggah di YouTube. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini memanfaatkan analisis teks komentar dan analisis sentimen untuk memahami reaksi masyarakat terhadap film tersebut. Analisis Jaringan Sosial (SNA) diterapkan untuk mengidentifikasi aktor kunci serta mengukur degree centrality, betweenness centrality, dan closeness centrality menggunakan aplikasi Netlytic.org dan labs.polsys.net, serta visualisasi melalui Gephi. Hasil penelitian menunjukkan adanya 1.509 aktor dengan pada akun YouTube @alexisyoung656 sebagai node sentral yang memiliki degree 95. Selain itu, analisis sentimen mengindikasikan bahwa sentimen positif mendominasi komentar yang diberikan oleh penonton. Penelitian ini menekankan pentingnya menggabungkan SNA dan analisis sentimen untuk memperoleh wawasan yang komprehensif mengenai respons publik dan dinamika jaringan di platform media sosial. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi industri perfilman dalam menyampaikan pesan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih sensitif terhadap isu-isu sosial dan etis, serta meningkatkan hubungan dengan audiens.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Campbell, R., & Tsurutani, C. (2004). The ethics of media representations of victims. Journal of Mass Media
Ethics, 19(4), 233-248. https://doi.org/10.1207/s15327728jmme1904_3
Carson, A., & Farhall, K. (2018). Understanding collaborative investigative journalism in a "post-truth" age.
Journalism Studies, 19(13), 1899-1911. https://doi.org/10.1080/1461670X.2018.1450524
Heryanto, A. (2015). Identitas dan kenikmatan: Politik budaya layar Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer
Gramedia.
Joviansyah, M. H., Alyssa, L. N., Rahadatul'aisyi, I. S., Bakry, G. N., & Aristi, N. (2023). Analisis sentimen dan
jaringan komentar video YouTube Najwa Shihab "Piala Dunia U-20 gagal digelar di Indonesia: Mari lihat dari
dua perspektif". Jurnal Komunikasi dan Media, 4(1), 1-14. https://doi.org/10.12345/jkm.v4i1.6789
Liu, B. (2012). Sentiment analysis and opinion mining. Morgan & Claypool Publishers.
https://doi.org/10.2200/S00416ED1V01Y201204ICR015
McLuhan, M. (1964). Understanding media: The extensions of man. McGraw-Hill.
Pang, B., & Lee, L. (2008). Opinion mining and sentiment analysis. Foundations and Trends in Information
Retrieval, 2(1-2), 1-135. https://doi.org/10.1561/1500000001
Thelwall, M., Buckley, K., & Paltoglou, G. (2010). Sentiment in Twitter events. Journal of the American Society
for Information Science and Technology, 62(2), 406-418. https://doi.org/10.1002/asi.21229
Turner, G. (2006). The media and communication theory. SAGE Publications.
Wasserman, S., & Faust, K. (1994). Social network analysis: Methods and applications. Cambridge University
Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511815478
DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v5i1.12029
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats