MODEL KOMUNIKASI REMAJA PEMAIN GAME ONLINE FREE FIRE (STUDI KASUS PADA REMAJA DI RT02 KELURAHAN MANULAI 2 KOTA KUPANG)

Lewi Shaboulon Naisais, Mas’ Amah, Veki Edizon Tuhana

Abstract


Proses komunikasi remaja di dalam game online free fire merupakan proses komunikasi dua arah yang dilakukan remaja dengan temannya dan juga random di dalam game, tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahi proses komunikasi yang di lakukan oleh remaja pemain game online free fire membentuk model-model komunikasi yang menggambarkan kaitan antara komponen-komponen komunikasi dari proses komunikasi yang dilakukan remaja pada saat memainkan game online free fire. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Teori Computer Mediated Communication (CMC). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, Objek penelitian ini adalah remaja pemain game online free fire pada RT 02 Kelurahan Manulai 2 Kota Kupang. Ada tiga Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu melalui observasi wawancara langsung dan dokumentasi remaja pemain game online free fire. Hasil dari penelitian ini adalah menemukan Model Komunikasi yang terbentuk dari proses komunikasi para pemain game online free fire adalah model komunikasi linear dan model komunikasi interaksional Schramm. Pada Model Komunikasi Liear proses komunikasi hanya berlangsung satu arah dimana tidak terdapat umpan balik pada Model Komunikasi Linear sedangkan model interaksional Schramm merupakan proses komunikasi dua arah dimana terdapat umpan balik baik secara langung maupun umpan balik yang delay dalam proses komunikasi yang di lakukan oleh remaja pemain game online free fire

Keywords


Remaja; Game Online Free Fire; Model Komunikasi; Proses Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Abimanyu, H., Jung, K.-D., Jun, K.-W., Kim, J., & Yoo, K. S. (2008). Preparation and characterization of Fe/Cu/Al2O3-composite granules for SO3 decomposition to assist hydrogen production. Applied Catalysis A: General, 343(1–2), 134–141.

Aminudin, M. (2016). Dampak fighting game terhadap perilaku agresif siswa madrasah Ibtidaiyah negeri talang empat kecamatan karang Tinggi kabupaten bengkulu tengah. IAIN Bengkulu.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan. In Pustaka Pelajar.

Effendy, O. U. (2003). Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Grasindo. Rosdakarya.

Furqan, S. (2020). Model Komunikasi Mahasiswa Pemain Game Online Free Fire (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas UAD IAIN Bengkulu). IAIN BENGKULU.

Hardjana, A. M. (2014). Strategi Komunikasi Guru Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Banjar. Komunikasi Dalam Pendidikan, 9–42.

Juliana, R., & Juliani, R. (2021). Chat Dalam Interaksi Pemain Game Online Pubg Mobile. 160–168.

Liliweri, A. (2017). Komunikasi antar personal. Prenada Media.

Mulyana, M., & Sari, P. (2009). Pengaruh Komunikasi Dan Kepuasan Terhadap Kepercayaan Dan Komitmen Untuk Melakukan Hubungan Pemasaran Jangka Panjang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 344–353.

Yasmin, R. A. (2021). Apa itu Computer Mediated Communication? Binusian Communication.

Rejeki, S. A. (2008). Hubungan antara komunikasi interpersonal dalam keluarga dengan pemahaman moral pada remaja. Jurnal Psikologi.

Schramm, W. (1997). The beginnings of communication study in America: A personal memoir. Sage.

Syahputra, T. R. (2018). Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Perilaku Komunikasi Remaja (Studi Pada Mahasiswa Pemain Game Online di Fakultas MIPA Jurusan Informatika Universitas Syiah Kuala Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(1).

Tatang, S. (2016). Dinamika Komunikasi/Tatang S.

Triyantama, A. R., & Santoso, E. (2019). Model komunikasi virtual pemain game PUBG mobile menggunakan studi etnografi virtual pada kelompok game PUBG mobile RPX e-sport. Medium, 7(1), 53–70.

Wiryanto. (2015). Komunikasi Umum. 1981, 11–27.




DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v4i1.10472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats