ANALISIS STRATEGI MARKETING DAN BRANDING PADA AKUN INSTAGRAM KOPI LOKAL KEKINIAN INDONESIA

Arshad Denanindra Hutomo, Ikhsan Fuady, Kunto Adi Wibowo

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis strategi marketing dan branding terhadap lima brand kopi kekinian di Indonesia. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah unggahan Instagram dari lima brand kopi kekinian lokai, yaitu Kopi Kenangan, Kopi Janji Jiwa, Point Coffee, Fore Coffee, dan Kopi Lain Hati. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori marketing viral. Teori ini digunakan berdasarkan penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menguji reliabilitas menggunakan dua coder, sesuai dengan coding book. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat membantu mereka yang mempunyai usaha kopi di Indonesia untuk menentukan strategi marketing yang tepat untuk usaha kopi mereka. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ini adalah dengan uji Chi-Square dan One Way. Setelah menganalisis, ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam jenis strategi marketing dan terdapat perbedaan dari engagement antara strategi marketing dan branding pada kelima brand kopi lokal.


Keywords


Strategi Marketing; Instagram; Brand Kopi Lokal

Full Text:

PDF

References


Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Statistika, Vol. 6, No. 2, November 2018.

Belch, G. E., & Belch, M. (2009). Advertising and Promotion. An Integrated Marketing Communication Perspective. Sydney, Australia: McGraw-Hill.

Cahya, P. (2019, October 1). IDN TIMES. Retrieved March 9, 2023, from IDN TIMES: https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/tren-kopi-susu-kekinian/11

Eka, R. (2019, June 25). DailySocial.id. Retrieved March 9, 2023, from DailySocial.id: https://dailysocial.id/post/pendanaan-kopi-kenangan-dari-sequoia-india

Eriyanto. (2011). Analisis Isi : Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Flew, T. (2008). New Media: An introduction (3rd Edition) . Oxford University Press.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. ELSEVIER.

Malone, T. W., & Klein, M. (2007). Harnessing Collective Intelligence to Address Global Climate Change . Innovations Journal.

Nurrahmah, A., Rismaningsih, F., Hernaeny, U., Pratiwi, L., Wahyudin, Rukyat, A., . . . Setiawan, J. (2021). Populasi. In Pengantar Statistika 1 (p. 33). Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.

Rizaty, M. A. (2022, March 26). 7 Kedai Kopi Lokal Favorit Masyarakat Indonesia, Apa Saja? Retrieved April 18, 2023, from Katadata Media Network: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/26/7-kedai-kopi-lokal-favorit-masyarakat-indonesia-apa-saja

Rossiter, J. R., & Percy, L. (1997). Advertising Communications and Promotion Management. New York: NY: McGraw-Hill Companies.

Sanjulya, L., Vidyarini, T. N., & Monica, V. (2020). Studi Komparatif: Analisis Isi Pesan Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram (Indihome vs First Media). Jurnal E-Komunikasi.

Scissons, M., Vo, J., & Sim, H. (2015). Instagram Marketing Strategy . Toronto: FlashStock Technology Inc.

Shen, B., & Bissell, K. (2014). Social Media, Social Me: A Content Analysis of Beauty Companies’ Use of Facebook in Marketing and Branding. Journal of Promotion Management.

Singh, M. (2020). INSTAGRAM MARKETING – THE ULTIMATE MARKETING STRATEGY. International Journal of Advance and Innovative Research.

Thomas, G. M. (2006). Building the buzz in the hive mind. Journal of Consumer Behavior.




DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v4i1.10402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats