Pengaruh Jumlah Pemasangan Soil Nailing Terhadap Peningkatan Faktor Keamanan Lereng
Abstract
Tanah longsor terjadi pada lereng yang tidak stabil. Lereng pada Jalan Burangrang Raya, Kelurahan Jangli, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang merupakan salah satu lokasi yang mengalami tanah longsor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah pemasangan soil nailing terhadap peningkatan faktor keamanan lereng. Soil nailing berdiameter 10 cm dipasang dengan panjang 11 m. Baja tulangan untuk soil nailing berdiameter 25 mm dengan kuat leleh sebesar 390 MPa. Pemasangan soil nailing divariasi dengan jumlah 2 baris, 3 baris, dan 5 baris. Jarak pemasangan soil nailing kearah horisontal sebesar 2 m, sedangkan kearah vertikal untuk soil nailing 2 baris, 3 baris, dan 5 baris secara berurutan sebesar 4,74 m; 4,74 m; dan 2,37 m. Hasil penelitian menunjukkan nilai faktor keamanan lereng sebelum diperkuat sebesar 1,06. Faktor keamanan lereng dengan perkuatan soil nailing sebanyak 2 baris, 3 baris, dan 5 baris pada jangka pendek secara berurutan sebesar 3,18; 3,27; dan 3,43. Pada jangka panjang faktor keamanan lereng dengan perkuatan soil nailing sebanyak 2 baris, 3 baris, dan 5 baris secara berurutan sebesar 2,31; 2,62; dan 2,76. Faktor keamanan lereng dengan perkuatan soil nailing meningkat lebih dari dua kali nilai faktor keamanan lereng tanpa perkuatan. Besarnya faktor keamanan lereng berbanding lurus dengan jumlah soil nailing yang terpasang pada lereng.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abramson, L.W., Lee, Thomas S., Sharma, S., Boyce, Gleen M., (2001): Slope Stability and Stabilization Methods, John Willey and Sons, New York.
Budiharjo, Liong Andreas Setiawan dan Mahardhika, David Christian, (2020): Tugas Akhir : Peningkatan Stabilitas Lereng dengan Soil Nailing Menggunakan Aplikasi PLAXIS, Unika Soegijapranta, Semarang.
FHWA, (1993): FHWA-SA-93-026: Recommendations CLOUTERRE 1991; Soil nailing Recommendations – 1991 for Designing, Calculating, Constructing and Inspecting Earth Support Using Soil nailing, Federal Highway Administrtion, United States.
Hammah, R.E., Yacoub, T.E., Corkum, B.C., dan Curran, J.H., (2005): The Shear Strength Reduction Method for the Generalized Hoek-Brown Criterion, Symposium on Rock Mechanics (USRMS): Rock Mechanics for Energy, Mineral and Infrastructure Development, Northern Regions, Alaska.
Hardiyatmo, Hary Christady, (2010): Mekanika Tanah 2, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Laboratorium Mekanika Tanah UNDIP, (2017): Proyek Perbaikan Struktur Tanah Graha Candi Golf, Lokasi Kompleks Perumahan Rivera Hijau Jalan Burangrang, Semarang, Jawa Tengah.
Nandi, (2007): Longsor, Handout mata kuliah Geomorfologi Jurusan Pendidikan Geografi, UPI, Bandung.
Peta lokasi Jalan Burangrang Raya diperoleh dari situs internet: https://www.google.co.id/maps/@-7.0382684,110.4369277,17z?hl=id. Diunduh pada tanggal 15 Juni 2019, pukul 20.00 WIB
Standards Australia, (2002): Australian Standardtm : Earth Retaining Structures, Council of Australia, Sydney.
DOI: https://doi.org/10.24167/gsmart.v4i2.2465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats