Efektivitas Kolam Retensi Terhadap Pengendalian Banjir

Alexander Nugi Pramono, Prasetyo Tri Saputro

Abstract


Kecamatan Semarang Utara merupakan salah satu wilayah di Kota Semarang yang sampai saat ini masih dihadapkan dengan permasalahan banjir, khususnya saat musim penghujan. Pada tanggal 19 Ferbruari 2008 banjir besar telah merendam Staisun Tawang dan sekitarnya dengan ketinggian banjir mencapai 50 cm. Hal ini sangat memprihatinkan mengingat pada wilayah tersebut terdapat beberapa bangunan penting yang notabene harus dihindarkan dari resiko banjir. Perubahan tata guna lahan diduga menjadi salah satu penyebab wilayah ini menjadi langganan terendam banjir saat musim penghujan. Dengan maraknya pembangunan di wilayah tersebut mengakibatkan lahan yang semula memiliki daya resap air yang besar menjadi lahan masive dengan daya resap air yang kecil. Selain itu diperparah dengan sistem drainase yang buruk, dimana kolam retensi yang terletak di depan Stasiun Tawang ternyata belum mampu menghindarkan Stasiun Tawang dari genangan banjir. Semestinya dengan adanya kolam retensi Polder Tawang ini diharapkan mampu mengeringkan Stasiun Tawang dan sekitarnya dari banjir, mengingat fungsi kolam retensi sebagai pengendali debit puncak banjir. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisa deit puncak aliran yang masuk ke kolam retensi Polder Tawang. Sehingga dengan menggunakan Program EPA SWMM hasil simulasi akan memunjukan debit puncak aliran pada masing-masing saluran. Dengan diketahuinya debit aliran tersebut dapat dilakukannya kajian mengenai optimalisasi kolam retensi Polder Tawang. Dengan dilakukannya optimalisasi kolam retensi ini diharapkan dapat mengeringkan atau membebaskan Stasiun Tawang dan sekitarnya dari resiko banjir.


Keywords


Banjir, kolam retensi, EPA SWMM, pengendalian banjir

References


Gunawan (2018). Evaluasi dan Perencanaan Drainase Perkotaan Kawasan Perumahan Sawojajar Permai Kelurahan Lesanpuro Kota Malang. Skripsi Universitas Muhammadiyah: Malang.

Herryandi, dkk (2008). Perencanaan Bangunan Suplesi Pegadis Daerah Irigasi Batang Samo Riau. Universitas Diponegoro: Semarang.

Khoerul (2017). Pengendalian Genangan Hujan di Kampus. Universitas Muhammadiyah: Purwokerto

Nugroho (2016). Kajian Kinerja Sistem Polder Sebagai Model Pengembangan Drainase Kota Semarang Bagian Bawah dengan Balanced Scorecard. Universitas Diponegoro: Semarang.

Perdana, D. (2015). Studi Pemodelan Sinetik Curah Hujan Pada Beberapa Stasiun Hujan di Kabupaten Pringsewu. Universitas Lampung.

Rifki (2017). Evaluasi Saluran Drainase Dengan Menggunakan Program SWMM 5.1 di Perumahan De Bale Permata Arcadia, Depok, Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor.

Rossman, L. (2015): Strom Water Management Model User’s Manual Version 5.1 (Revised): EPA United States Environmental Agency

Soewarno, (1995). Aplikasi Metode Statistik untuk Analisa data. Bandung : NOVA (Jilid 1)

Togani (2016). Pemilihan Distribusi Probabilitas Pada Analisa Hujan Dengan Metode Goodness Of Fit Test. Universitas Negeri Semarang: Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24167/gsmart.v4i2.2331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats