STUDI PRELIMINARY PENILAIAN PROFIL KELUARGA SEHAT DI KOTA SEMARANG

Anindyo Pradipta Suryo, Perigrinus H Sebong, Natalia Rahardjo, Iveno Jonathan Arya Soeprapto, Sheilla Vita Kumala Aji, Valensia Janmorani, Nabila Kayana Restriyani

Abstract


Latar belakang: Capaian Indeks Keluarga Sehat secara nasional pada tahun 2021 mencapai 0,18 dan 0,22 tahun 2022 yang merupakan kategori keluarga tidak sehat. Keluarga memiliki pengaruh besar terhadap hasil kesehatan dan sangat penting bagi sistem setiap komunitas sehingga penelitian prelimenary dibutuhkan untuk investigasi pencegahan penyakit di tingkat keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur indeks keluarga sehat.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode preliminary dengan unit analisis 10 kepala keluarga di Kelurahan Lamper Tengah, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian berlangsung dari Bulan Oktober sampai November 2023. Instrumen pengumpulan data dikembangkan sesuai dengan 12 indikator PIS-PK. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk grafik dan tabel memuat rata-rata (standard deviasi) dan proporsi.

Hasil : Rata-rata indeks keluarga sehat dari 10 KK adalah 0.882 (± 0.107). Tiga KK memiliki indeks keluarga sehat  dan satu keluarga memiliki indeks keluarga sehat terendah yakni sebesar 0.714. Sedangkan masalah utama yang ditemukan dari analisis adalah rendahnya cakupan bayi mendapatkan ASI eksklusif, perilaku merokok, dan imunisasi dasar lengkap.

Kesimpulan : Indikator ASI esklusif, imunisasi dasar lengkap dan perilaku merokok masih menjadi indikator yang harus diperbaiki cakupannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya cakupan ketiga indikator tersebut perlu dileiti lebih lanjut dengan parameter populasi yang lebih besar.


Keywords


keluarga sehat; merokok; asi ekslusif; imunisasi dasar; preliminary



DOI: https://doi.org/10.24167/jpb.v3i1.11684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pranata Biomedika | e-ISSN : 2828-1233