Analisis Visual Karakter “Jack The Ripper” Dalam Game Identity V

Anita Pranoto, Arwin Purnama Jati

Abstract


Game online asimetrikal merupakan salah satu game yang memiliki gaya desain yang unik. Gaya desain yang digunakan dalam game ini menggunakan ikon-ikon ataupun simbol yang memiliki kecenderungan menggambarkan era tertentu. Selain itu, karakter Jack The Ripper dalam game menjadi karakter yang cukup populer di kalangan pemain game. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tampilan visual dari desain karakter Jack The Ripper dalam Game Identity V dilihat dari konsep gothic, juga dari sosok pembunuh berantai asli dengan julukan sama di jaman Victorian serta mengetahui hasil analisis tampilan visual dari desain karakter Jack The Ripper dalam Game Identity V. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif untuk mrnggambarkan fenomena yang adapada tampilan visual objek penelitian. Penelitian dilakukan dengan menelusuri aspek-aspek visual sejarah maupun narasi kisah yang muncul tentang karakter Jack The Ripper sebagai salah satu data. Selain itu, data berupa simbol-simbol visual dikaji dengan teori semiotika untuk mengetahui makna yang relevan antara tema dengan karakter era yang memiliki kecenderungan acuan penciptaan karakter dalam game. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek visual dalam game dan karakter Jack The Ripper relevan dengan data penelusuran sejarah atau referensi yang ada mengenai atribut yang digunakan karakter pada era yang dimaksud, melalui kajian semiotika visual. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khasanah desainer dalam mendesain karakter visual game ataupun sebagai referensi kajian-kajian berikutnya.

 


Keywords


game, visual, desain karakter, semiotika visual

References


A.Britcsh, R. (1985). The Arts in Western Culture. Stroud: Pearson College Div. Douglas, R. A. (1989). Costume History and Style. Englewood Cliffs: Prentice Hall.

Mark, J. J. (2014, October 12). The Goths. Retrieved from Ancient History Encyclopedia: www.ancient.eu

Poerniawan, F. N. (2015). Teori Semiotika Charles Sanders Peirce. Analisis Visual Figur Rama di Komik The Grand Legend Ramayana, 5.

Sachari, A. (2000). Pengantar Tinjauan Desain. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Verberg, G. (2019, Maret 16). China's To[ Mobile Gaming App. Retrieved from What's on Weibo: https://www.whatsonweibo.com/top-5-of-chinas-top-mobile-gaming-apps/




DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v2i1.2990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats