Analisa Pesan Visual Effect Video “Tumpuk Di Tengah”

Bernike Marchella Budiman, Alfons Christian Hardjana

Abstract


Akhir-akhir ini, sedang ramai gerakan “Tumpuk di Tengah” yang dibicarakan oleh berbagai kalangan. Video, iklan di Youtube, sampai feeds Instagram banyak yang membagikan mengenai gerakan ini. Tumpuk di Tengah adalah sebuah video iklan layanan masyarakat yang mengajak targetnya untuk melakukan Gerakan tumpuk di tengah. Gerakan ini adalah gerakan merapikan peralatan makan yang telah digunakan menjadi satu tumpukan di tengah setelah selesai makan di tempat makan umum seperti restoran dan warung makan.

Penyampaian pesan pada video Tumpuk di Tengah dibentuk menggunakan visual effect. Dalam penelitian ini akan melihat pentingnya penggunaan Visual Effect pada kampanye sosial Tumpuk di tengah melalui studi Pustaka dan Forum Group Discussion. Tujuan penelitian ini ingin melihat penerapan Visual Effect dalam penyampaian pesan kampanye sosial Tumpuk di Tengah.


Keywords


Video Kampanye, Visual Effect, Kampanye sosial

References


Cangara,Hafied. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gregory, Anne. 2010. Planning and Managing Public Relations Campaigns: A Strategic Approach (PR In Practice). United Kingdom: Kogan Page.

Nimmo, Dan. 2011. Komunikasi Politik – Komunikator, Pesan, dan, Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rogres, E.M. & Storey J.D. 1987. Communication Campaign. New Burry Park: Sage.

Ruslan, Rosady. 2007. Kampanye Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekata Media




DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v2i1.2989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats