Perancangan Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran Pengelolaan Air Bersih Di Kelurahan Rowosari

Yuanita Surya Anggraini, Dono Sayoso

Abstract


Sistem pengelolaan air bersih melalui pemanfaatan air hujan masih minim diketahui oleh kalayak umum. Hal ini berimbas pada kekeringan menahun yang berdampak pada masyarakat tidak memiliki solusi atas situasi tersebut. Melalui tulisan ini akan disampaikan informasi yang nantinya diharapkan dapat membantu masyarakat yang mengalami kekeringan dan dapat mengakses air pada musim kemarau. Dengan memanfaatkan media audio visual diharapkan informasi dapat diterima secara efektif dan menyenangkan, sehingga angka kekeringan menurun.


Keywords


kekeringan, Mengelola Air, Media Audiovisual, Ceria.

References


Alihar, Fadjri. “Penduduk dan Akses Air Bersih Di Kota Semarang, Pusat Penelitian Kependudukan.”. 1 Juni 2018

Artaya, I Putu (2019). Penerapan Teori Motivasi Hierarki Kebutuhan Abraham H. Maslow dan Teori Pemeliharaan Herzberg Dalam Menciptakan Loyalitas Pekerja.

Aryanto, Dany. (2017). Potensi Pemanenan Air Hujan (Rain Water Harvesting) Untuk Kebutuhan Rumah Tangga di Desa Klunggen Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri.

Atmasatiti, Ivalent Febi (2019). Perancangan Komunikasi Visual Awareness Terhadap Kebersihan Lingkungan di Kampung Bahari Tambak Lorok Semarang.

Benedicka, Ovelistori. (2018). Perancangan Event Eksebisi Art and Sound Experience of #Air(Bagi)Tanahair Sebagai Himbauan Untuk Menggunakan Air dengan Efisien Melalui Desain Komunikasi Visual.

Cenadi, Suharto Christine. (1999). Elemen - Elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Surabaya: Universitas Kristen Petra. Diakses dari

https://www.researchgate.net/publication/43330420_ELEMEN-ELEMEN_DALAM_DESAIN_KOMUNIKASI_VISUAL

Gunawan, Bambi Bambang.. (2012). Nganimasi Bersama Mas Be!

Hendrawan, Albertus Beni (2019). Perancangan Komunikasi Visual Untuk Mencegah Nomophobia Terhadap Pengguna Smartphone di Kalangan Mahasiswa.

Hurlock, Elizabeth B. (1990). Psikologi Perkembangan. Jakarta:Erlangga.

NOVISTA, SICILIA and Kurniawati Homan, S.Sn., M.Sn., Devi and Santoso, S.Sn, M.Des., Frans (2015) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL ANIMASI EDUKASI "BASIC FOR FIGURE SKATING". Undergraduate thesis, BINUS.

Kadji, Yulianto. Kemiskinan dan Konsep Teoritisnya.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Kodoatie Robert J, Syarief Roestam. 2010. Tata Ruang Air. Yogyakarta: Andi Offset.

Pristianto, Hendrik. (2018). Pengelolaan Sumber Daya Air yang Berkelanjutan di Kota Sorong.

Septiana, Marcellina Maya. (2017). Perancangan Komunikasi Visual Untuk Meningkatkan Pemasaran Hasil Alam di Daerah Gowokpos Jawa Tengah. Semarang: Unika Soegijapranata. Diakses dari http://repository.unika.ac.id/15469/

Son, William Manuel. (2019). Perancangan Kampanye Sosial Untuk Meningkatkan Kesadaran Pedagang Jajanan Keliling Akan Dampak Penggunaan Botol Plastik Bekas Bagi Kesehatan.




DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v2i2.2949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats