Perancangan Komunikasi Visual Objek Wisata Hutan Tinjomoyo Sebagai Salah Satu Destinasi Kota Semarang

Garry Arya Nugraha, Arwin Purnama Jati

Abstract


Perancangan ini bertujuan untuk memperkenalkan kembali Objek Wisata Hutan Tinjomoyo sebagai salah satu destinasi Kota Semarang yang sempat terbengkalai. Oleh karena itu dirancang produk desain dengan membuat Desain Identitas, Infografis, Sign System, Media Sosial, dan produk desain lainnya. Perancangan dilakukan agar Hutan Tinjomoyo bisa kembali ramai pengunjung dan dikenal oleh banyak masyarakat. Dengan dirancangnya produk desain yang sesuai, maka Hutan Tinjomoyo akan memberi dampak positif bagi bidang pariwisata, rekreasi, wisata alam, pemerintah, pengunjung, dan masyarakat yang tinggal di sekitar Tinjomoyo karena dapat membuka lapangan pekerjaan, perekonomian juga semakin cepat berkembang untuk Kota Semarang. Bagi pengunjung sendiri, berkunjung di Hutan Wisata Tinjomoyo yang masih alami akan memberikan kesan tersendiri dan akan selalu di ingat karena banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan dalam Hutan Tinjomoyo seperti menjelajah hutan, memancing, outbond, camping, mencari ketenangan, berbaur dengan alam dan dapat menjadi media edukasi sekaligus.


Keywords


Perancangan, Produk Desain, Rekreasi, Wisata Alam, Media Sosial

References


Faza, Hamas, Fitri Ariantie, “Analisis Permintaan Objek Wisata Hutan Tinjomoyo Kota Semarang”, Volume 1, Nomor 1, halaman 146-158, 2019 [Diponegoro Journal of Economics, 2019].

Glasgow, Dale. 1994. Information Illustration: Learn How to Create Imaginative Diagrams, Charts, Maps, and Symbols on the Computer. Boston, United States: Addison-Wesley Publishing Company.

Ilmugeografi.com. Hutan Wisata - Kekayaan Alam - Manfaat dan Jenis. Diakses dari https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hutan-wisata, pada tanggal 12 November 2019.

Kodhyat, H. 1983. Sejarah Pariwisata dan Perkembangnannya di Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v2i2.2948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats