Brand dan Digital dalam Aspek Perancangan Arsitektur

Onie Dian Sanitha, L.M.F. Purwanto

Abstract


Sebagai bidang ilmu seni terapan, Teori Arsitektur berkembang tidak hanya kepada desain perancangan bangunan saja melainkan isu lingkungan sosial yang berkolaborasi dengan disiplin ilmu Manajemen yakni brand dan konsep “branding”. Tuntutan pasar Global menjadikan Arsitektur sebagai sebuah kebutuhan karena kemampuannya dalam menuangkan gagasan ke dalam sebuah bentuk serta perkembangannya di bidang Digital. Hal ini membuat arsitektur mampu membaur dengan disiplin ilmu Manajemen dalam konteks Brand. Namun muncul pertanyaan, apakah konsep perancangan Arsitektur mampu mewadahi sebuah Brand tanpa kehilangan esensi dasar dalam mendesain? Artikel ini menjadi tahap awal dalam melihat keterkaitan antara Arsitektur, kemajuan Teknologi Digital dan konsep Brand. Studi Kepustakaan diperlukan untuk mengawali proses identifikasi agar dapat menguraikan masing-masing bagian sehingga ditemukan aspek-aspek penting yang diperlukan dalam perancangan yang diduga saling berkaitan dan dapat menjadi konsep perancangan yang mendukung proses branding.


Keywords


Brand; Branding; Perancangan Arsitektur; Digital; Ilmu Manajemen

Full Text:

PDF

References


J. R. Saura, ‘Using Data Sciences in Digital Marketing: Framework, methods, and performance metrics’, Journal of Innovation and Knowledge, 2020, doi: 10.1016/j.jik.2020.08.001.

F. D. K. Ching, Architecture : Form Space and Order, 3rd ed. John Wiley & Sons Ltd, 2007.

Setiawan and B. Haryadi, Arsitektur, Lingkungan dan Perilaku, I., no. Arsitektur, Sains & Teknologi. Gadjah Mada University Press, 2010.

N. Spiller, ‘Plectic architecture: towards a theory of the post-digital in architecture’, Technoetic Arts, vol. 7, no. 2, pp. 95–104, 2009, doi: 10.1386/tear.7.2.95/1.

D. B. Susanty and G. Sukowiyono, ‘Hunian Masyarakat Di Dataran Tinggi’, in Semnas Infrastruktur Berkelanjutan 2019 Era Revolusi Industri 4.0, 2019, pp. 63–68.

Y. D. Ekaputra and M. M. Sudarwani, ‘Karakter Fisik dan Non FIsik Dusun Mantran Wetan Kabupaten Malang’, sEMARANG, 2014.

N. Morgan, A. Pritchard, and R. Pride, Destination Brands ‘Managing Place Reputation’, 3rd Editio. Oxford, UK: Elsevier Ltd., 2011.

J. E. Schroeder and M. S. Morling, Brand Culture. London: Routledge, Taylor & Francis Group, 2006.

F. G. Mariutti and J. de M. E. Giraldi, ‘Country Brand Identity: An Exploratory Study about the Brazil Brand with American Travel Agencies’, Tourism Planning and Development, vol. 11, no. 1, pp. 13–26, 2014, doi: 10.1080/21568316.2013.839469.

N. V Golik and A. I. Izvekov, ‘Modern Business Philosophy : Brand as a Phenomenon’, no. January 2018, 2019.

P. Kotler and K. L. Keller, MARKETING MANAGEMENT 14E, 14th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc., publishing, 2012.

C. J. Thompson and Z. Arsel, ‘The Starbucks brandscape and consumers’ (anticorporate) experiences of glocalization’, Journal of Consumer Research, vol. 31, no. 3, pp. 631–642, 2004, doi: 10.1086/425098.

A. E. Kirby and A. M. Kent, ‘Architecture as brand: Store design and brand identity’, Journal of Product and Brand Management, vol. 19, no. 6, pp. 432–439, 2010, doi: 10.1108/10610421011085749.

M. Ristic, Architecture, urban space and war : the destruction and reconstruction of Sarajevo. 2018.

N. Verina and J. Titko, ‘Digital transformation : conceptual framework DIGITAL TRANSFORMATION : CONCEPTUAL FRAMEWORK’, no. August, 2019, doi: 10.3846/cibmee.2019.073.

P. K. Kannan and H. Alice, ‘Digital marketing : A framework , review and research agenda Digital marketing : A framework , review and research agenda’, International Journal of Research in Marketing, vol. 34, no. 1, pp. 22–45, 2017, doi: 10.1016/j.ijresmar.2016.11.006.

C. Tweed, ‘A phenomenological framework for describing architectural’, Phenomenology and Culture, no. July, pp. 1–9, 2000, [Online]. Available: http://orca.cf.ac.uk/95941/.

M. Kärrholm, Retailising Space - Architecture, Retail and the Territorialisation of Public Space, Mix Articl. Sweden: Ashgate Publishing Limited, 2012.

L. de Chernatony, ‘Brand Management Through Narrowing the Gap Between Brand Identity and Brand Reputation’, Journal of Marketing Management, vol. 15, no. 1–3, pp. 157–179, 1999, doi: 10.1362/026725799784870432.

R. K. Srivastava, ‘Understanding brand identity confusion’, Marketing Intelligence & Planning, vol. 29, no. 4, pp. 340–352, 2011, doi: 10.1108/02634501111138527.

E. H. Chapman and K. Lynch, ‘The Image of the City’, The Journal of Aesthetics and Art Criticism, vol. 21, no. 1, p. 91, 1962, doi: 10.2307/427643.

R. Mirsa, Elemen Tata ruang Kota. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.




DOI: https://doi.org/10.24167/joda.v1i1.3377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JoDA Journal of Digital Architecture | e-ISSN: 2798-6896 | View My Stats