Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Remaja Pengguna Smartphone Aktif Di Perumahan Sektor V Bekasi Utara

Nia Puspa Putri, Nuriyati Samatan

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada anak remaja di perumahan sektor v Bekasi Utara, dengan tujuan mengetahui “Bagaimana Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Remaja Pengguna Smartphone Aktif Di Perumahan Sektor V Bekasi Utara. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan untuk mendapatkan data, penulis melakukan wawancara mendalam kepada informan dan menggunakan informan sebanyak 5 keluarga yang terdiri dari 10 orang, yaitu 5 orang tua dan 5 anak remaja. Orang tua harus memilih pola komunikasi yang baik untuk digunakan saat berkomunikasi dengan anak remaja pengguna smartphone aktif seperti pola komunikasi demokratis, sehingga memunculkan keharmonisan yang akan membuat anak menjadi terbuka pada orang tua dan orang tua dapat mengarahkan anak mengenai dampak negatif dan positif dari penggunaan smartphone yang berlebihan. Hasil dari penelitian ini, terdapat dua pola komunikasi yang digunakan informan pada perumahan sektor v Bekasi Utara antara orang tua dengan anak, yaitu pola komunikasi demokratis dan pola komunikasi otoriter. Penelitian ini menggunakan teori atribusi yang dapat menjawab penyebab mengapa anak berperilaku baik, yaitu dengan adanya faktor eksternal dari penggunaan smartphone yang berlebihan dan tanpa pengawasan dari orang tua.


Keywords


Pola Komunikasi; Anak Remaja; Pengguna Smartphone

Full Text:

PDF

References


Andirah, Rahayu Ayu. (2018). Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak Remaja Terhadap Ketergantungan Media Internet di BTN Gowa Lestari Batangkaluku. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Aulia, Larasati Atika. (2019). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Anak dalam Mengurangi Penggunaan gadget. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Bugin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi. Cetakan I. Jakarta : Kencana

Prenadamedia Group

Budyatna, dkk. (2011). Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta : Kencana

Destiana. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi Berbasis Android (Smartphone) dalam Pendidikan Industri 4.0. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Dewi, Thalitadea. (2019). Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Anak Pecandu Gadget di Nyamplungan Kecamatan Semampir Surabaya. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Gunarsa, D Singgih. (2004). Psikologi Praktis : Anak, remaja, dan keluarga.

Cetakan VII. Jakarta : Gunung Mulia.

Hia, Riang Mina. (2019). Pola Komunikasi dan Interaksi Keluarga dalam Penggunaan Smartphone di Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Ichsan, Reza Nurul. (2019). Komunikasi Bisnis. Cetakan I. Medan : Cv Manhaji.

Ivancevich, M Jhon, Konopaske, Robert & Matteson, T Michael. (2006). Perilaku

dan Manajemen Organisasi. Jilid I. Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Cetakan I

Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Kobandaha, Kurnia Zulfa. (2019). Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak Remaja Pecandu Smartphone (Studi Pada Lingkungan Keluarga di Pasar Minggu. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Rustan, Sultra Ahmad dan Hakki, Nurhakki. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi.

Yogyakarta : Cv Budi Utama.

Sari, A Andhita. (2017). Komunikasi Antarpribadi. Cetakan I. Yogyakarta :

Cv Budi Utama.

Samatan, Nuriyati. (2018). Riset Komunikasi II. Jakarta : Gunadarma.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Pt Gramedia

Widiasarana Indonesia.

Data Umur Remaja

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.kemkes.go.id/download.php%3Ffile%3Ddownload/pusdatin/infodatin/infodatin%2520reproduksi%2520remajaed.pdf&ved=2ahUKEwiIwIGquqnsAhWGWisKHXuOBUcQFjABegQIBxAF&usg=AOvVaw3UNhWa9P8_hUDcfTWCj_lH/ Diakses pada tanggal 10 Oktober 2020.

Langkan Pengaman Penggunaan Smartphone pada Anak

https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/keamanan-menggunakan-internet-bagi-anak/Diakses pada tanggal 19 Juni 2021.




DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v2i1.3595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats