Analisis Teknik Komunikasi Dan Negosiasi Bisnis Pada Drama Start-Up

Rifqi Agianto, Anggi Setiawati, Ricky Firmansyah

Abstract


Drama Start-Up mengisahkan tentang perjuangan bisnis anak muda dalam membangun sebuah perusahan rintisan bernama Samsan Tech yang bergerak di bidang teknologi. Pada saat awal berdirinya perusahan Samsan Tech mereka sudah dihadapi dengan permasalahan mulai dariĀ  proposal pembagian saham perusahaan untuk diajukan kepada investor, anggota tim yang tidak menyetujui aturan hingga proses pencarian tim pengembang. Dalam permasalahan tersebut terjadi komunikasi negosiasi yang harus dicapai atau disepakati oleh kedua belah pihak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara komunikasi dalam bernegosiasi bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotik Ferdinand De Saussure berupa penanda dan petanda. Objek pada penelitian ini adalah teknik komunikasi dan negosiasi bisnis, dengan subjek yang dijadikan sebagai bahan penelitian yaitu drama Start-Up. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa negosiasi yang terjadi tidak selamanya berjalan dengan lancar meskipun pada akhirnya mencapai hasil kesepakatan, dalam negosiasi ini salah satu pihak harus mau mengalah agar negosiasi yang ditawarkannya mencapai titik kesepakatan. jenis negosiasi yang terjadi dalam drama Start-Up ini adalah negosiasi kompetitif dan negosiasi kolaboratif.


Keywords


Komunikasi; Negosiasi; Start-Up

Full Text:

PDF

References


Bok-rae, K. (2015). Present and Future of Hallyu (Korean Wave). American InternationalJournal of Contemporary Research, 154-160.

Dama, H. (2013). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DAN NEGOSIASI DALAM BISNIS. Gorontalo: UNG REPOSITORY.

Faiqotul, I. D. (2017). efektivitas komuniksi negosiasi dalm bisnis. komunike, 106-120.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara .

Hasibuan, L. (2020, Desember 7). Heboh Drakor Start-Up, Ini 6 Pelajaran Bisnis Bisa Kita Tiru! Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20201207140611-33-207372/heboh-drakor-start-up-ini-6-pelajaran-bisnis-bisa-kita-tiru

Nurhidayah, N. (2019). NEGOSIASI PEREMPUAN DALAM FILM DOKUMENTER TANAH MAMA KARYA ASRIDHA ELISABETH (ANALISIS TZVETAN TODOROV).

Thomson, L. T., . Wang, J., & Gunia, B. (2010). Annual Review Of Psychology. 491-515.

Wibowo, P. R., & Muktiyo, w. (2015). Komunikasi Negosiasi Pengusaha Muda (Studi deskriptif kualitatif Teknik-Teknik Negosiasi Pengusaha Muda dalam Mencapai Kesepakatan Kerjasama dengan Calon Mitra Usaha di Anggota HIPMI Surakarta).

Yuningsih, E., & Silaningsih, E. (2020). Manajemen Bisnis & Inovasi. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24167/jkm.v1i2.3252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2746-8364 | View My Stats