TUTURRUPA, Vol 2, No 1

Analisis Elemen Visual Pada Media Sosial Instagram Roti’o Dalam Membangun Integrated Marketing Communication (IMC)

Theresia Celine Haryono, Louis Cahyo Kumolo Buntaran

Abstract


Roti’O merupakan makanan yang saat ini disenangi oleh masyarakat terutama pengguna jasa commuter line. Roti’O ini sudah banyak membuka outlet di stasiun, mall dan bandara. Hampir setiap stasiun ada outlet Roti’O. Konsumen biasanya membeli suatu produk karena alasan kebutuhan, namun ada alasan dan faktor-faktor lain yang turut serta mempengaruhi sikap konsumen dalam membeli suatu produk. Oleh karena itu perusahaan – perusahaan mulai membuat banyak inovasi dalam mempromosikan produk mereka, Salah satu cara perusahaan mempromosikan produk mereka ialah dengan strategi Integrated Marketing Communication, salah satu strateginya adalah berkomunikasi melalui iklan pada media sosial, iklan yang menarik dan konsisten dapat membuat pesan yang jelas dan meyakinkan konsumen berkenaan dengan produk yang mereka tawarkan. Pesan tersebut dibuat dengan Visual Branding yang jelas, kreatif, dan konsisten sehingga dapat menarik ketertarikan konsumen melalui visual tersebut. Besar pengaruh strategi IMC dalam membentuk pesan komunikasi yang kuat dengan pelanggan melalui media sosial Instagram dalam mempromosikan produk mereka yaitu Roti’O dengan menonjolkan visualisasi yang menarik. Ini menunjukan bahwa Roti’O mempromosikan produknya dengan cara meningkatkan citra dari produk tersebut pada khalayak di media sosial Instagram.