Indexing metadata

TRANSFORMASI PENGALAMAN PELANGGAN MELALUI DESAIN: KAJIAN DI CONCORDIA LOUNGE BANDARA INTERNASIONAL NGURAH RAI (Transforming Customer Experience Through Design: A Study at Concordia Lounge, Ngurah Rai International Airport)


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document TRANSFORMASI PENGALAMAN PELANGGAN MELALUI DESAIN: KAJIAN DI CONCORDIA LOUNGE BANDARA INTERNASIONAL NGURAH RAI (Transforming Customer Experience Through Design: A Study at Concordia Lounge, Ngurah Rai International Airport)
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Nisriina Salmannida; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Prasetyo Wahyudie; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Susy Budi Astuti; Institut Teknologi Sepuluh Nopember
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) Sense of Place; Kepuasan Pelanggan; Lounge; Bandara Internasional Ngurah Rai
 
4. Description Abstract

Sebagai pusat pariwisata utama di Indonesia, Bali tidak hanya menjadi destinasi wisata tetapi juga merupakan titik transit penting untuk berbagai kegiatan regional, nasional, maupun internasional. Perkembangan ini menjadikan transportasi udara menjadi pilihan utama bagi banyak orang karena efisiensi waktu dan kenyamanan yang ditawarkannya. Dari perspektif ini, ruang tunggu eksekutif bandara berperan sebagai pilihan ternyaman bagi penumpang yang menunggu keberangkatan, didukung oleh fasilitas yang dibuat untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran elemen desain dalam aspek sense of place terhadap kepuasan pelanggan di Concordia Lounge, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Melalui metode kualitatif dengan observasi dan wawancara, penelitian ini berupaya mendapatkan elemen-elemen fisik dan non-fisik di dalam lounge yang mempengaruhi emosi, persepsi dan pengalaman pengunjung. Menelaah aspek sense of place di dalam lounge ini merupakan elemen penting untuk memahami pengalaman autentik yang dirasakan oleh para wisatawan selama berwisata di Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain yang cermat serta integrasi elemen budaya Bali secara signifikan berkontribusi pada terciptanya kenyamanan dan kepuasan pengguna, sekaligus memperkuat identitas lokal sebagai daya tarik utama.

 

Kata kunci: Sense of Place, Kepuasan Pelanggan, Lounge, Bandara Internasional Ngurah Rai

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Katolik Soegijapranata
 
6. Contributor Sponsor(s) Program Studi Desain Interior, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2025-07-10
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF (Bahasa Indonesia)
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://journal.unika.ac.id/index.php/tesa/article/view/13085
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.24167/tesa.v23i1.13085
 
11. Source Title; vol., no. (year) Tesa Arsitektur; Vol 23, No 1: Juni 2025
 
12. Language English=en id
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2025 Tesa Arsitektur
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.