PENERAPAN VISUAL SCHEDULE UNTUK MENGURANGI GEJALA KECEMASAN ANAK ATTENTION DEFISIT HIPERACTIVITY DISORDER (ADHD) MENJALANI PEMERIKSAAN MEDIS KE DOKTER GIGI

Maria Oktavina Nugrahesti, Endang Widyorini, M. Yang Roswita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan visual schedule dapat menurunkan gejala kecemasan anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) menjalani pemeriksaan medis ke dokter gigi. Hipotesis dalam penelitian ini bahwa ada penurunan gejala kecemasan anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) menjalani pemeriksaan medis ke dokter gigi setelah dilakukan penerapan visual schedule . Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang dengan kriteria anak yang sudah didiagnosa mengalami ADHD dengan perilaku kecemasan menjalani pemeriksaan medis ke dokter gigi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan one group pretest and posttest. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Behavior Checklist. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini berupa analisis individual dengan menggunakan deskripsi grafik, sedangkan analisis kualitatif berupa hasil deskripsi observasi dan wawancara selama penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan hipotesis diterima karena ada penurunan gejala kecemasan anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) menjalani pemeriksaan medis ke dokter gigi

Kata kunci: ADHD, gejala kecemasan, visual schedule

Save to Mendeley

Keywords


ADHD, gejala kecemasan, visual schedule

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 200. Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Bhargava, D. 2012. Getting Started!!! Using Visual System to Promote Communication. Diakses tanggal: 11 Maret 2012 dari https://www.callscotland.org.uk/Learning-Engagement/Longer%20booklets%20articles/ webbooklet. pdf

Blomqvist, M; Holmberg, K dan Fernell, E. 2006. Oral Health, Dental Anxiety and Behavior Management Problems in Children with Attention Deficit Hyyperactivity Disorder. Sweden: University of Stockholm

Broadbent,J.M ; Ayers, K.M.S; dan Thomson, W.M. 2003. Is Attention Deficit Hyperactivity Disorder a Risk Factor for Dental Caries ?. New Zeland : University of Ontago.

Christensen, L.B .2004. Experimental Methodology. Boston : Pearson

Clerq, L. D. 1994. Tingkah Laku Abnormal. Jakarta: Grasindo

Davies, C. 2008. Using Visual schedule : A Guide for Parents. Bloomington: Indiana Universitty

Froehlich, M .1984. A Comparison of The Effect of Music Therapy and Medical Play Therapy on The Verbalization Behavior of Pediatric Patients. Journal of Music Therapy.

Hergenhahn, B. R. 1976. An Introduction to Theories of Learning. New Jersey: Prentice Hall

Hmud, R dan Walsh, L. J. 2009. Dental Anxiety: Causes, Complication and Management Approaches. Journal of Minimum Intervention in Dentistry. Diakses tanggal: 28 Maret 2012 dari http://www.dent.unimelb.edu.au/dsweb/current_students/Paed_Dent_Articles/Jalevik_Behaviour_and_MIH_Patients_IJPD_2002.pdf

Kerlinger, F.N. 1998. Asas-asas Penelitian Behavioral. Alih Bahasa : Landung R Simatupang dan H.J Koesoemanto. Yogyakarta: UGM Press

Meadan. H; Ostrosky, M.M; Triplett. B; Michna. A dan Fettig.A. 2011. Using Visual Supports with Young Children with Autism Spectrum Disorder. Diakses tanggal 12 Desember 2012 dari http://www-tep.ucsd.edu/ about/Courses/EDS382/General_Handouts/Autism-Visual%20Supports.pdf

Oliveira, M.T.T dan Colares, V. 2009. Relationship Between Dental Anxiety and Dental Pain In Children. Brazil: Rio de Janeiro. Diakses tanggal :28 Maret 2012 dari http://www.scielossp.org/pdf/csp/ v25n4/05.pdf

Rantavuori, K. 2008. Aspects and Determinants of Childrens Dental Fear. Finland: Oulu University Press. Diakses tanggal :28 Maret 2012 dari http://herkules.oulu.fi/ isbn9789514289439/isbn9789514289439. pdf

Santrock, J.W. 2002. Life Span Development (perkembangan masa hidup). Jakarta: Erlangga

Stokes, S. 2009. Structured Teaching: Strategies for Supporting Students with Autism? Diakses tanggal : 5 Maret 2012 dari http://www.specialed.us/ autism/structure/str11.

Wright, K.D ; Stewart, S.H; Finley, G.A; Buffett, S.E. 2007. Prevention and Intervention Strategies to Alleviate Preoperative Anxiety in Children. http://ornaa.org/newsletter/ articles/11JAN SCORNA_Preoperative_Anxiety _in_ Pediatrics.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats