EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN MEDIA BERMAIN UNTUK MENURUNKAN REAKSI KECEMASAN DI SEKOLAH PADA ANAK DENGAN TARAF INTELEKTUAL BORDERLINE

Angelina Dyah Arum S, Endang Widyorini, M. Yang Roswita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah cognitive behavior therapy dengan media bermain dapat menurunkan reaksi kecemasan pada anak dengan taraf intelektual borderline. Hipotesis dalam penelitian ini bahwa ada penurunan reaksi kecemasan pada anak dengan taraf intelektual borderline setelah dilakukan cognitive behavior therapy melalui media bermain. Subjekdalam penelitian ini berjumlah satu orang dengan kriteria anak berusia antara 11 tahun, taraf intelektual borderline (72) dengan skala Weschler Intelligence Scale for Children dan menunjukan reaksi kecemasan baik reaksi kognitif, afeksi, maupun fisiologis. Penelitian ini menggunakan single subject design dengan ABA design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Children Test Anxiety Scale (CTAS). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini berupa analisis individual dengan menggunakan deskripsi grafik, sedangkan analisis kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara selama penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan hipotesis diterima, ada penurunan reaksi kecemasan pada anak dengan taraf intelektual borderline setelah dilakukan cognitive behavior therapy melalui media bermain.

Kata kunci: kecemasan, borderline, cognitive behavior therapy

Save to Mendeley

Keywords


Kata kunci: kecemasan, borderline, cognitive behavior therapy

Full Text:

PDF

References


______. 2003. Children Fears and Anxieties. Havard Medical Letter Vol 21.

American Psychiatric Association. 2007. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder. 4th Edition. Washington DC : American Psychiatric Association.

Bernstein, GA. 1996. Anxiety Disorders in Children and Adolescents: A Review of The Past 10 Years. Journal of The American Academy of Child and Adolescent Psychiatry Vol 35.

Bernstein GA, Shaw K. 1997. Practice Parameters for Assesment and Treatment of Children and Adolescent with Anxiety Disorder. Journal of The American Academy of Child and Adolescent Psychiatry Vol 36

Connel, Cindi. 2010. Cognitive behavior therapy in The Treatment of Anxiety Disorders in Children. Rivier Acadeic Journal Vol 6.

Corey, G. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikopatologi. Edisi 4. Penerjemah : E. Koeswara. Bandung : PT. Eresco.

Cupyer, Sandy De; Timbremont, Benedikte; Braet, Caroline; Backer, Vicky De; Wullaert, Tina. 2004. Treating Depressive Symptoms in Schoolchildren. European Child and Adolescent Psychiatry Vol 13.

Davidson, G.C., & Neale, J.M. 1998. Abnormal Psychology. 7th Edition. New York : John Wiley & Sons, Inc.

Engel, R. J & Schutt, R. K. 2010. Fundamentals of Social Works Research. California: Sage Publications In

Geldard, K. & Geldard, D. (2011). Konseling Anak-Anak: Panduan Praktis, edisi ke tiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Halgin, R.P., & Susan, K.W. 2010. Psikologi Abnormal: Perspektif Klinis pada Gangguan Psikologis. Edisi 6. Alih Bahasa: Aliya Tusyani, dkk. Jakarta : Penerbit Salemba Humanika.

Heppner, P.P., Kivlighan, D.M., Wamplod, B. E.Research Design in Counseling, Third Edition. Belmont: Thomson Higher Education.

Intansari, Rieka. 2010. Cognitive behavior therapy dengan Media Bermain untuk Menurunkan Respon Kecemasan pada Anak yang Menderita Kanker. Tesis. Universitas Airlangga: tidak diterbitkan.

Jahoda, Andrew; Selkrik, Mhairi; Trower, Peter; Pert, Carol; Kroese, BS; Dagnan, Dave; Burford, Bronwen. 2009. The Balance of Power in Therapeutic Interactions with Individuals Who are Intellectual Disabilities. British Journal of Clinical Psychology Vol 48.

Knell, Susan M. 1997. Child Centered PlayTherapy. New York: John Wiley&Sons Inc.

Knell, Susan M. 1998. Cognitive Behavioral Play Therapy. Journal of Clinical Child Psychology Vol 27.

Ng, Beng Yeong dan Chan, Yiong Huak. 2004. Psychososial Stressor that Precipitate Dissociative Trance Disoder in Singapore. Australian and New Zealand Journal Psychiatry 38. Sidney: Publishing Company Sidney.

Oemarjoedi, A.K. 2003. Pendekatan Cognitive Behavior dalam Psikoterapi. Jakarta : Kreativ Media.

Pearson, Beth L. 2008. Effects of a Cognitive Behavioral Play Intervention on Childrens Hope and School Adjustment. Disertasi. Case Western Reserve University: tidak diterbitkan.

Podell, J.L., Martin, E.D., Kendall, P.C.. 2009. Incoporating Play within a Manual-Based Treatment for Children and Adolescents with Anxiety Disorders. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Rosello, J., & Bernal, G. 2007. Treatment Manual for Cognitive Behavioral Theapy for Depression. Adaptation for Puertorican Adolescents. Rio Piedras : University of Puerto Rico

Safaria, T. 2004. Terapi Kognitif Perilaku untuk Anak. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Safaria, Triantoro&Saputra, Nofrans Eka. 2009. Manajemen Emosi, Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda. Jakarta: Bumi Aksara.

Suveg, C., Comer, J.S., Furr, J.M., & Kendall, P.C. 2006. Adapting Manualized CBT for a Cognitively Delayed Child with Multiple Anxiety Disorder. Http://www.sagepublications.com

Taylor, John L; Novaco, Raymond W; Gillmer, Bruce T; Robertson, Alison; Thorne, Ian. 2005. Individual Cognitive Behavioral Anger Treatment for People with Mild Borderline Intellectual Disabilities and Histories of Aggression: A Controlled Trial. British Journal of Clinical Psychology Vol 44.

Wilner, Paul; Jones, Jessica; Tams, Rachel; Green, Gill. 2002. A Randomized Controlled Trial of The Efficiacy of a Cognitive Behavioral Anger Management Group for Client with Learning Disabilities. Journal of Applied Research in Intellectual Disabilities Vol15.

Yehuda, Senecky; Inbar, Dov; Diamond, Gary; Grossman, Zachi; Apter Allan; Kahan, Ernesto. 2007. Pediatricians Satisfication with their Abilities to Care for Children with Developmental, Behavioral, and Psychosocial Problems. Pediatrics Informational Vol 49.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats