KOMPARASI PENILAIAN KINERJA PERAWAT PARAMEDIS RUMAH SAKIT AKADEMI KEPOLISIAN (AKPOL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan perawat paramedis terhadap penilaian kinerja di Rumah Sakit Akademi Kepolisian. Penilaian Kinerja adalah suatu proses mengevaluasi kinerja karyawan dalam standar yang berlaku berkaitan dengan kontribusi karyawan dalam waktu tertentu dan bagaimana karyawan tersebut melaksanakan pekerjaan yang diberikan. Rumah Sakit Akademi Kepolisian memiliki berbagai macam bagian salah satunya adalah perawat paramedis. Pada bagian perawat paramedis terdapat permasalahan yang terkait dengan penilaian kinerja yakni ketidakpuasan terhadap penilaian kinerja yang lama. Ketidakpuasan dikarenakan penilaian yang lama belum ideal dengan bukti penilaian cenderung subyektif, belum dilakukan secara berkala, penilai belum jelas, dan tidak ada tindak lanjut setelah penilaian. Dari permasalahan tersebut maka dirancanglah penilaian kinerja dengan menggunakan model BARS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata dari teks wawancara, catatan tulisan tangan, hasil pengamatan, atau dokumen resmi lainnya seperti kuesioner. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa penilaian kinerja yang baru mampu memberikan kepuasan. Kepuasan karena penilaian yang baru sudah obyektif, dilakukan secara berkala, penilai multirater, dan ada tindak lanjut setelah penilaian. Perbandingan antara penilaian kinerja yang lama dan yang baru meliputi aspek kejelasan, motivasi, keadilan, umpan balik, dan tindak lanjut.
Kata Kunci : Penilaian Kinerja, Mulirater, BARS
Save to MendeleyKeywords
Full Text:
PDFReferences
Cascio, W. F, dan Aguinis, H. (2005).Applied Psychology in Human Resource Management.United States of America: Pearson Prentice Hall.
Coates, G. (2000). Experiencing Performance Appraisal in a Trust Hospital. Electronic Journal of Sociology. ISSN :11983655.
Curtin, J.L. (2009). Management and Leadership Development Consltant. Leadership Review, Kravis Leadership Institute, Claremont McKenna College, Vol. 9, Fall 2009.
Dessler, G. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia (Jilid 1). Jakarta : PT. Wacana Jaya Cemerlang.
Gempur, S. 2010. Inferensi Statistika. Statistic of your life. Retrived Dcember 2012.
Hamid, A.Y. (2010). Standar Profesi dan Kode Etik Perawat Indonesia. Jakarta : Persatuam Perawat Nasional Indonesia (PPNI)
Hasan, A. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Islam, R&Rasad, S,M. (2005). Employee Performance Evaluation By Ahp: A Case Study. ISAHP 2005, Honolulu, Hawai.Retrived January 10, 2010.
Jogiyanto, H.M. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta : Andi Offset.
Khan, A (2006). Performance Appraisals Relation with Productivity and Job Satisfaction.Journal of Managerial Sciences, Volume I, Number 2. Retrived January 10, 2010.
Kumar , D. (2005). Performance Appraisal : The Importance of Rater Training. Journal of the Kuala Lumpur Royal Malaysia Police College, No. 4, 2005. Retrived January 10, 2010.
Kotler, Amstrong. (2003). Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan Jilid1. Penerjemah : Bambang Sarwiji. Jakarta : PT. Indeks
Lucia, A.D, dan Lepsinger,R. 1999. The Art and Science of Competency Models: Pinpointing Critical Success Factors in Organization. San Fransisco: Jossey Bass / Pfeiffer.
Moehriono. (2009). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi : Competency Based Human Resource Management. Bogor. Penerbit : Ghalia Indonesia.
Mathis, R.L., Jackson, J.M. 2009.Human Resource Management, Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh. Penerjemah : Diana Angelica. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Moelong, L. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Noe, R.A., Hollenback. J.R. (2004). Human Resource Management.America : International Edition. New York : McGraw-Hill Companies.
Nurmianto, E, Siswanto, N& Sapuwan,S. (2006). Perancangan Penilaian Kinerja Karyawan Berdasarkan Kompetensi Spencer dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus di Sub Dinas Pengairan, Dinas Pekerjaan Umum, Kota Probolinggo). Jurnal Teknik Industri Vol. 8, No. 1, Juni 2006: 40-5. Retrived January 10, 2010.
Palan, R. 2007. Competency Management: Teknik Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi. Jakarta: PPM.
Priharjo, R. (1995). Pengantar Etika Keperawatan. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Rivai, V., Basri, M.F.A. 2006.Performance Appraisal: Sistem yang Tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Rivai, V., Sagala, E.J. 2009.Manajemen Sumber Daya Manusia, Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek. Edisi Kedua. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Rifazka, A, Darmantoro, D& Setiawan,E,B. (2009). Penilaian Performansi Kerja Account Manager dengan Menggunakan Metode MBO (management by objective) dan RICH (rank inclusion in criteria hierarchies). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009). Retrived January 10, 2010.
Robbins, S.P. The Truth About Managing People. New Jersey : FT Press.
Schuler, R.S & Jackson, S.E. (1997).Manajemen Sumber Daya Manusia: Menghadapi Abad ke 21. Jakarta : Erlangga.
Siagian, S.P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Simamora, H. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi ke-2). Yogyakarta : Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Sitorus, R. (2006). Model Praktik Keperawatan Profeisional di Rumah Sakit. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Spencer, L.M., dan Spencer, S.M. 1993. Competence At Work: Model for Superior Performance. New York: John Wiley & Sons Inc.
Sugiharto (2006).Manajemen Kinerja.Retrived January 28, 2010.
Supangat, A. (2007). Statistika Daslam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.
Supranto, J. (2001). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats