Identifikasi Misinterpretasi Mahasiswa Kedokteran Tentang Indikator Kesehatan Keluarga

Alberta Widya Kristanti, Perigrinus Hermin Sebong, Anastasia Putri Maharani

Abstract


Pendahuluan: Aplikasi 12 indikator PIS-PK oleh mahasiswa kedokteran bertujuan untuk melatih kemampuan mereka untuk mempromosikan kesehatan keluarga. Namun, kesalahan interpretasi indikator PIS-PK oleh mahasiswa merupakan hambatan dalam model pembelajaran berbasis komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi misinterpretasi mahasiswa terhadap indikator PIS-PK dan memberikan rekomendasi penyempurnaan instruksi pengisian indikator PIS-PK. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasi deskriptif dengan sampel sebanyak 25 responden yang direkrut dengan teknik purposive sampling. Waktu penelitian pada bulan September 2021 sampaiĀ  Oktober 2021. Pengumpulan data melalui instrumen kuesioner google form yang terdiri dari 22 item pertanyaan dengan closed ended questions, dengan 3 opsi pilihan. Hasil : Berdasarkan analisis dari hasil penelitian, peneliti menemukan dua indikator yakni indikator 5 dan 9 yang belum dipahami secara jelas oleh responden. Hal ini dapat disebabkan oleh responden masih dalam tahap awal terpapar oleh indikator tersebut maupun karena formula indikator yang kurang memadai. Secara keseluruhan indikator PIS-PK tersebut mudah dipahami dan dapat dicerna baik. Simpulan : Terdapat 2 indikator yang membuat mahasiswa kurang memahami maksud dari pernyataan tersebut yaitu indikator 5 dan 9. Indikator ini memerlukan modifikasi atau penambahan keterangan instruksional agar lebih jelas maksud pernyataan tersebut. Tingkat kesulitan dan kejelasan indikator PIS-PK sudah baik dan cukup mudah dicerna oleh responden.


Keywords


Misinterpretasi; PIS-PK; Field Lab; Community Based Education



DOI: https://doi.org/10.24167/praxis.v5i1.4291

View My Stats | ISSN 2622-9137 (media online)