Analisis Budaya Organisasi Pada Coffeeshop Atlas n Co Menggunakan Organizational Culture Assesment Instrument (OCAI)

Adetama Hadi Putra, Rudi Elyadi

Abstract


Coffeeshop saat ini menjadi trend di kalangan masyarakat khususnya di kota metropolitan seperti kota Semarang. Semakin banyaknya coffeeshop membuat persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Budaya organisasi menjadi salah satu peran penting dalam strategi manajemen sumber daya manusia dan membuat sebuah coffeeshop memiliki ciri khas yang kuat dalam upaya memenangkan persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat budaya organisasi yang dirasakan saat ini dan budaya organisasi yang diharapkan pada coffee shop. Dalam proses pengukuran dan analisisnya, peneliti menggunakan instrumen penelitian yaitu Organizational Culture Assesment Instrument (OCAI). Peneliti secara khusus memilih sebuah coffeeshop untuk subjek penelitian ini yaitu coffeeshop Atlas n Co. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang merupakan karyawan Atlas n Co. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa budaya organisasi yang saat ini dirasakan dengan budaya organisasi yang diharapkan memiliki hasil yang sama yaitu budaya Clan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Atlas n Co dalam upaya mempertahankan budaya organisasi yang saat ini sudah dimiliki agar mampu bersaing dengan coffeeshop lain.

Keywords


coffee shop, budaya organisasi, OCAI

Full Text:

PDF

References


Bukhori, A., & Suharnomo, S. (2014). Analisis Pemetaan Budaya Organisasi Menggunakan Organizational Culture Assesment Instrument (OCAI) Pada PT Bandeng Juwana Elrna. Diponegoro Journal Of Management. Diunduh dari : https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13022

Cameron, K. S., & Quinn, R. E. (2006, 2011). Diagnosing and Changin Organizational Culture : Based on the Competing Values Framework. San Fransisco: Joh Wiley and Sons, Inc.

Cendana, M. D. (2016). Analisis Pemetaan Budaya Organisasi Menggunakan Organizational Culture Assesment Instrument (OCAI) Pada PT. Angkasa Pura 1 Bandara Ahmad Yani Semarang. E-Journal Undip. Diunduh dari : http://eprints.undip.ac.id/49655/

Deal, T. E., & Kennedy, A. A. (1982). Corporate Culture: The Rites and Rituals of Corporate Life. Massachusetts: Addison0Wesley Publishing Company, Inc.

Frontiera, J. (2009). Leadership and Organizational Culture Transformation in Professional Sport, 109. ABU/INFORM Global (Proquest) database, 109.

Gardner, R. (1999). Benchmarking Organizational Culture : Organizational Culture as a primary factor in safety performance. ABI/INFORM Global (Proquest) database, 44.3.

Hendry. (2010, Januari 25). Karakteristik Budaya Organisasi. Dipetik Oktober 31, 2019, dari Teori-online: https://teorionline.wordpress.com/2010/01/25/karakteristik-budaya- organisasi/

Herlyana, E. (2012). FENOMENA COFFEE SHOP SEBAGAI GEJALA GAYA

HIDUP BARU KAUM MUDA. ThaqÃfiyyÃT, Vol. 13, No. 1. Diunduh Dari : http://ejournal.uin-suka.ac.id/adab/thaqafiyyat/article/view/43

Huda, F. A. (2016, Maret 26). Pengertian Definisi Operasional. Dipetik November 2, 2019, dari Fatkhan.web.id: http://fatkhan.web.id/pengertian- definisi-operasional/

Humaniora. (2018, Februari 3). Penikmat Kopi Indonesia Meningkat. Dipetik Oktober 30, 2019, dari Media Indonesia: https://mediaindonesia.com/read/detail/143724-penikmat-kopi-indonesia- meningkat

Kemendikbud. (2016). KBBI Daring. Dipetik Oktober 2019, dari KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kafe

Killman, Ralph, H., Saxton, Mary, J., Serpa, & Roy & Associate. (1988). Gaining Control of the Corporate Culture. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.

OCAI online. (2010). Organizational Enterprise Example. Dipetik Oktober 27, 2019, dari OCAI online: http://www.ocaionline.com/userfiles/file/ocai_enterprise_example_report. pdf

Pratita, H. S. (2016). Pengukuran Budaya Organisasi Sebagai Rujukan Untuk Meningkatkan Daya Saing di Era Global Pada Universitas Sanata Dharma. Universitas Sanata Dharma, 19-23. Diunduh Dari : https://repository.usd.ac.id/6264/2/119114112_full.pdf

Suci, D. (2015, Januari Rabu). Setahun Tumbuh 30 Cafe di Kota Semarang, Konsumsi Kopi Meningkat. Dipetik Oktober 26, 2019, dari Tribun Jateng: https://jateng.tribunnews.com/2015/01/14/setahun-tumbuh-30-cafe-di- kota-semarang-konsumsi-kopi-meningkat

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

Suryana, C. (2010, Maret 25). Data dan Jenis Data Penelitian. Dipetik november 16, 2019, dari wordpress:

https://csuryana.wordpress.com/2010/03/25/data-dan-jenis-data-penelitian/

Sutrisno, E. (2010). Budaya Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Umartias, M., & Djastuti, I. (2014). Pemetaan Budaya Organisasi Menggunakan Organizational Culture Assesment Instrument (OCAI) Pada PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 4 Semarang. Diponegoro Journal of Management. Diunduh dari : http://eprints.undip.ac.id/44026/

Wiradinata , M., & Mustamu, R. H. (2013). ANALISIS BUDAYA ORGANISASI PADA PERUSAHAAN ALAS KAKI. AGORA. Diunduh dari : http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen- bisnis/article/view/233




DOI: https://doi.org/10.24167/praxis.v3i1.2822

View My Stats | ISSN 2622-9137 (media online)