Analisis Ketersediaan Tenaga Kesehatan Terhadap Capaian Indikator Kinerja Puskesmas Di Kabupaten Ketapang Tahun 2019

Jessica Christanti, Megi Juliantini

Abstract


Capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) setiap daerah bervariasi setiap tahunnya dan dipengaruhi berbagai faktor salah satunya adalah tenaga kesehatan. Penelitian ini bertujuan melihat hubungan kelengkapan dan kesesuaian tenaga kesehatan terhadap ketercapaian target indikator SPM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi sebanyak 24 Puskesmas di Kabupaten Ketapang dengan teknik pengambilan total populasi. Profil Kesehatan Kabupaten Ketapang Tahun 2019 merupakan sumber data sekunder. Sebanyak 25% puskesmas memiliki ketercapaian target SPM lebih dari 15%, sedangkan 75% puskesmas memiliki ketercapaian target SPM kurang dari 15%. Sebanyak 37,5% puskesmas memiliki jumlah kesehatan sesuai dan 62,5% puskesmas tidak sesuai dengan standar. Sebanyak 41,7% puskesmas memiliki jenis tenaga kesehatan yang lengkap dan 58,3% puskesmas tidak lengkap sesuai standar. Hasil uji fisher menunjukan tidak ada hubungan dengan kelengkapan jenis (p=0,665) dengan kesesuaian jumlah tenaga kesehatan (p=0,635) terhadap ketercapaian target indikator SPM. Banyak faktor yang mempengaruhi ketercapaian target indikator SPM.

Keywords


puskesmas, standar pelayanan minimal,tenaga kesehatan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kab. Ketapang. (2020). Kabupaten Ketapang Dalam Angka 2020 (B. K. Ketapang (ed.)). BPS Kabupaten Ketapang.

Dewi, S. L. (2013). Kebijakan Untuk Daerah Dengan Jumlah Tenaga Kesehatan Rendah. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 02(01), 1–2.

Fahlevi, & Iqbal, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Petugas Terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Peureumeue Kabupaten Aceh Barat. Prosiding Seminar Nasional IKAKESMADA, 256–265.

Hapsari, T. D. (2018). Indeks Pembangunan Masyarakat. In Indeks Pembangunan Masyarakat. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan KEsehatan.

Hendarwanl, H., & Oster, R. (2015). ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL BIDANG KESEHATAN KABUPATEN / KOTA Analysis of Health Minimum Services Standards Implementation in District / City. Jurnal Ekologi Kesehatan, 14(4), 367–380.

Husein, R. (2013). Studi Evaluasi Ketersediaan Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Pada Kabupaten/Kota Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan Terhadap Capaian Indikator Kinerja Standar Pelayanan Minimal Kabupaten/Kota. 129.

Irenius Siriyei, R. D. W. (2013). FAKTOR DETERMINAN RENDAHNYA PENCAPAIAN CAKUPAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL BIDANG KESEHATAN DI PUSKESMAS MOJO KOTA SURABAYA. JurnalAdministrasiKesehatanIndonesia, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kemenkes RI. (2017). Data Dasar Puskesmas Provinsi Kalimantan Barat. In Kementrian Kesehatan (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Permenkes RI Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 1 (2019).

Kesehatan, K. (2017). RISET EVALUASI NUSANTARA SEHAT. http://www.iakmi.or.id/web/index.php/post-formats/category/8-simposium-1?download=39:fit-iii-iakmi-riset-evaluasi-nusantara-sehat

Mosadeghrad, A. M. (2014). Factors affecting medical service quality. Iranian Journal of Public Health, 43(2), 210–220.

Purwaningrum, S. N. (2018). ANALYSIS OF HEALTH PERSONNEL AVAILABILITY IN THE ACHIEVEMENT OF HEALTH CENTERSHAS PERFORMANCE INDICATORS Jurnal : Buletin Media Informasi Kesehatan.

Suratri, M. A. L., Delima, D., Siswoyo, H., & Edwin, V. A. (2020). Hubungan antara Kepuasan dan Motivasi Kerja pada Tenaga Kerja di Bidang Kesehatan di Rumah Sakit (Risnakes 2017). Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 29(4), 297–312. https://doi.org/10.22435/mpk.v29i4.2041

Syed Amin Tabish. (2009). Standards for better health. International Journal of Health Sciences, 3(1), V–VIII. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21475503%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC3068784

Tumuwe, W. N., Tilaar, C., Maramis, F. R. R., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2014). PUSKESMAS ONDONG SIAU BARAT KABUPATEN SITARO LATAR BELAKANG Pusat Kesehatan Masyarakat ( PUSKESMAS ) adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang amat penting ditinjau dari sistem pelayanan kesehatan di Indonesia , kinerja pelayanan keseha. 2–8.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH, (2014). https://doi.org/10.4324/9781315853178




DOI: https://doi.org/10.24167/praxis.v3i1.2652

View My Stats | ISSN 2622-9137 (media online)