Perencanaan Bisnis Katering Bayi Dan Anak Maestro di Kota Semarang
Abstract
Keywords: planning, marketing, operational, SDM, finance.
Abstrak, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan bisnis pada Katering Bayi Dan Anak Maestro Di Kota Semarang ditinjau dari aspek pemasaran, operasional, sumber daya manusia dan keuangan. Lokasi penelitian ini adalah di Semarang. Perencanaan bisnis ini meliputi aspek pemasaran, SDM, operasi, dan keuangan dari suatu bisnis. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pada penelitian ini, alat pengumpulan datanya menggunakan: Studi Kepustakaan dan Wawancara. Pemecahan masalah yang akan dilakukan oleh peneliti menggunakan dua pendekatan yaitu analisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Perencanaan bisnis “MAESTRO” ditinjau dari aspek pemasaran, operasional, sumber daya manusia dan keuangan adalah layak karena ditinjau dari aspek pemasaran memiliki STP yang jelas, 7P bauran pemasaran yang tepat, proyeksi permintaan dan penawaran, serta market share yang jelas, serta proyeksi untuk biaya pemasaran. adanya lokasi usaha yang jelas, dan layout usaha yang baik, memiliki perincian tentang struktur organisasi, job description serta jumlah tenaga kerja yang ada, ditinjau dari aspek keuangan dikatakan layak karena memiliki perincian tentang investasi, serta kelayakan usaha yaitu NPV positif, PI > 1, PP < 5 tahun, dan IRR > suku bunga.
Kata kunci: perencanaan, pemasaran, operasional, SDM, keuangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
David, F.R. (2003). Strategic Management: Concepts and Cases. New Jersey: Prentice Hall.
Honig, B and Karlsson, T. (2004). Institusional Forces and the Written Business Plan. Journal of Management, Vol. 30 (1): 29-48.
Hurlock, E.B. (2012). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidayanti S. Jakarta: PT Erlangga.
Indriantoro, N dan Supomo, B. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Newman, B.M and Newman, P.R. (2006). Development through life: A psycholosocial approach. 9th Ed. USA: Thomson Wadsworth.
Noe, R.A., Hollenback, J.R., Gerhart, B., & Wright, P.M. (2007). Human Resource Management: Gaining a Competitive Advantage. Boston: McGraw-Hill/Irwin.
Umar, H. (2003). Studi Kelayakan Bisnis: Teknik Menganalisis Kelayakan Rencana Bisnis Secara Komprehensif. Edisi 2. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.24167/praxis.v1i2.1813
View My Stats | ISSN 2622-9137 (media online)