Perbaikan Proses di Dalam Gudang Mengunakan Metode DMAIC Pada PT. Dakota Logistik Indonesia

M Tirtana Siregar, Tita Mutiara

Abstract


Abstract: This paper aims to find out and analyze the damage to medicinal and medical devices stored in the warehouse of PT. Dakota Logistics Indonesia. The problem found during January-March 2018 is the number of goods claims in the warehouse of PT. Dakota Logistics Indonesia. Data needed for this paper are claims for drug and medical equipment claims, types of claim items during January-March 2018 and goods claim cost data during January-March 2018. While the proposed improvements use the DMAIC method. Based on the DMAIC method the cause of the most claims is damage to broken goods on drugs and medical devices PT. I. While the proposed improvements are work instructions on the process of unloading and loading on the process in the warehouse of PT. Dakota Logistik Indonesia as well as adding item information columns to customer purchase orders.
Keywords: DMAIC, claim, warehouse

Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kerusakan barang obat dan alat kesehatan yang disimpan di gudang PT. Dakota Logistik Indonesia. Permasalahan yang ditemukan selama Januari-Maret 2018 adalah banyaknya klaim barang dalam gudang PT. Dakota Logistik Indonesia. Data yang dibutuhkan untuk tulisan ini adalah data klaim barang obat dan alat kesehatan, jenis klaim barang selama Januari-Maret 2018 dan data biaya klaim barang selama Januari-Maret 2018. Sedangkan usulan perbaikannya menggunakan metode DMAIC. Berdasarkan metode DMAIC penyebab klaim terbanyak adalah kerusakan barang pecah pada obat dan alat kesehatan PT. I. Sedangkan usulan perbaikannya adalah instruksi kerja pada proses unloading dan loading pada proses di dalam gudang PT. Dakota Logistik Indonesia serta penambahan kolom informasi barang pada purchase order customer.
Kata kunci: DMAIC, Klaim Barang, Gudang.

Keywords


DMAIC, claim, warehouse

Full Text:

PDF

References


Fatimah, Fajar Nuraini D. 2016. Pedoman Praktis Menyusun STANDARD OPERATING PROCEDURE. Yogyakarta: QUADRANT.

Gaspersz. (2007). Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Herjanto, E. (2008). Manajemen Operasi. Jakarta: PT. Gramedia.

Poerwanto, G Hendra. (2012). Manajemen Kualitas. https://sites.google.com/site/kelolakualitas. Diakses pada tanggal 15 September 2018.

Prasetyo, Hanung Nindito. (2016). Perbedaan Prosedur dan Instruksi Kerja. https://hanungnp.staff.telkomuniversity.ac.id/. Diakses pada 16 September 2018.

Prawirosentono, S. (2007). Manajemen Operasi Analisis dan Studi Kasus. Jakarta: Bumi Aksara.

Primanintyo, B., Syafei, M. Y., & Luviyanti, D. (2013). Analisis Penurunan Jumlah Defect Dalam Proses Tire-Curing Dengan Penerapan Konsep Six Sigma. Jurnal Industri, 1-16.

Siregar, M. T., & Puar, Z. M. (2018). IMPLEMENTASI LEAN DISTRIBUTION UNTUK MENGURANGI LEAD TIME PENGIRIMAN PADA SISTEM DISTRIBUSI EKSPOR. Jurnal Teknologi, 10(1), 1-8..

Siregar, M. T. (2015). IMPLEMENTASI DMAIC SIX SIGMA UNTUK PENINGKATAN KETEPATAN WAKTU PELAYANAN JASA PEST CONTROL MELALUI LEAN SERVICE. Manajemen Industri & Perdagangan, 17(1).Triono, R. A. (2012). Pengambilan Keputusan Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Warman, J. (2010). Manajemen Pergudangan. Jakarta: PT. Pustaka Sinar Harapan.

Wignjosoebroto, Sritomo. (2006). Pengantar Teknik dan Manajemen Industri. Surabaya: Guna Widya.

Yamit, Z. (2013). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa Cetakan Keenam. Yogyakarta: Ekonisia.

Yunarto, H., & Santika, M. (2005). Business Concept Implementation Series In Inventory Management. Yunarto, H., & Santika, M. 2005. Business Concept Implementation Series in Inventory MM. industrial engineering journal Vol 5., 8-20.

Yuri, T. Dan Rahmat Nurcahyo. 2013. TQM Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri. Jakarta: Indeks.

Zaroni. (2017). Logistics and Supply Chain Konsep dasar Logistik Kontemporer-Praktik Terbaik. Jakarta: Prasetiya Mulya Publishing.




DOI: https://doi.org/10.24167/praxis.v1i2.1795

View My Stats | ISSN 2622-9137 (media online)