Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal pada Simpang MT. Haryono – RA. Kartini Kota Semarang

Farhan Sholahudin, Syamsul Ma'arif

Abstract


Pertumbuhan kendaraan di Kota Semarang menyebabkan peningkatan kepadatan lalu lintas, khususnya di Simpang MT. Haryono – RA. Kartini. Simpang bersinyal ini mengalami panjang antrean dan tundaan tinggi, mencerminkan kinerja lalu lintas yang rendah. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja simpang tersebut dengan metode PKJI 2023 dan simulasi mikroskopik menggunakan perangkat lunak PTV VISSIM 2020. Penelitian dilakukan secara kuantitatif melalui pengumpulan data primer, seperti volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, geometri simpang, dan waktu siklus lampu lalu lintas. Data dianalisis menggunakan PKJI 2023 dan dimodelkan dalam PTV VISSIM. Validasi model dilakukan melalui uji GEH dan MAPE untuk membandingkan hasil simulasi dengan kondisi nyata. Evaluasi kinerja simpang mencakup derajat kejenuhan, panjang antrean, tundaan, dan tingkat pelayanan. Berdasarkan PKJI 2023, kondisi eksisting menunjukkan tingkat pelayanan D dengan tundaan 43,48 detik/kendaraan, sementara simulasi VISSIM menunjukkan tingkat pelayanan E dengan tundaan 56,04 detik/kendaraan. Tiga skenario perbaikan diuji, dan yang paling efektif adalah kombinasi pengurangan waktu siklus dari 130 detik menjadi 81 detik dan pelebaran lajur pendekat barat sebesar 1 meter. Skenario ini meningkatkan tingkat pelayanan menjadi C (PKJI) dan D (VISSIM), serta menurunkan tundaan menjadi 27,50 detik dan 48,3 detik/kendaraan.


Keywords


Simpang Bersinyal, Evaluasi Kinerja, PTV VISSIM, PKJI 2023



DOI: https://doi.org/10.24167/praxis.v8i1.14144

View My Stats | ISSN 2622-9137 (media online)