Perencanaan Pesan Komunikasi Vaksin Covid-19 Dalam Membentuk Sikap Publik Untuk Vaksinasi (Studi Kasus Komunikasi Vaksin Pemerintah D.I. Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perencanaan pesan komunikasi vaksin COVID-19 dalam membentuk sikap untuk vaksinasi. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang melakukan wawancara mendalam kepada tiga narasumber serta riset dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang bertanggung jawab melakukan komunikasi vaksin COVID-19 Pemda DIY adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Humas dan Kominfo DIY. OPD tersebut melakukan perencanaan pesan dengan melewati tahap berikut riset, rapat koordinasi, produksi konten, review konten dan kemudian konten dipublished. Adapun output perencanaan pesan komunikasi vaksin COVID-19 yang dilakukan Pemda DIY sangat informatif, persuasif dan hanya menampilkan satu sisi issue. Narasi dan pesan yang disampaikan mengikuti nararative paradigm yaitu dari struktur narasi, materi yang saling berkaiatan dan penggunaan karakter yang tepat. Saran peneliti untuk penelitian lanjutan adalah dengan menggunakan analisis isi kuantitatif komunikasi vaksin COVID-19 serta efektifitas komunikasi vaksin tersebut.
Kata Kunci : Komunikasi Vaksin, Paradigma Naratif, Perencanaan Pesan, Vaksin COVID-19
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24167/praxis.v6i1.11576
View My Stats | ISSN 2622-9137 (media online)