Kajian GHRM Pada Hotel Bintang Empat Semarang
Abstract
Konsep Green Bisnis identik dengan konsep bisnis yang berkelanjutan.Konsep bisnis yang berkelanjutan telah menjadi topik yang menarik untuk dibahas baik oleh para pelaku bisnis maupun para akademisi.Perusahaan sebagai pelaku bisnis selalu menginginkan usahanya dapat terus berjalan bahkan lebih berkembang dan berkelanjutan.Untuk dapat mewujudkan hal tersebut,perusahaan diharapkan bijak dalam mengelola lingkungan karena lingkungan menyediakan sumber daya yang mendukung kegiatan bisnis baik di masa sekarang maupun yang akan datang.Perusahaanyang mampu mengelola lingkungannya dengan baik akan mendapatkan kekuatan perusahaan dalam bersaing dan akan menghasilkan bisnis yang berkelanjutan.Penelitian ini ingin mengetahui sejauhmana perusahaan / bisnis perhotelan yang memiliki visi dan misi Green Consept menjalankan praktek bisnisnya dengan konsep Green HRM dan bagaimana para manajer memaknai penerapan konsep GHRM.
Objek penelitian adalah perusahaan perhotelan di Kota Semarang.Hotel, Hotel Santika Premiere, Hotel Arkenso, Hotel Metro Park View dan Hotel Dafam.Penelitian ini merupakan penelitian payung yang memayungi 4 (empat) Mahasiswa. Hasil penelitian ini didapatkan gambaran praktek Green HRM di perusahaan perhotelan.12 aspek operasional HRM belum semua aspek dilakukan secara optimal missal satu aspek belum semua sub aspek dilakukan.Salah satu penyebabnya karena setiap hotel tidak bisa membuat kebijakan sendiri melainkan menunggu dari kantor pusat.Selain itu kurangnya dukungan system. Semua hotel memiliki komitmen kedepan akan lebih focus untuk merancang dan mengimplementasikan Green HRM lebih baik.
Green HRM yang sudah dilakukan selama ini walupun belum dilakukan semuanya secara optimal sudah memberikan manfaat antara lain: dapat mengurangi biaya keseluruhan perusahaan sehingga lebih efisien dengan penghematan energi dan memacu inovasi karena karyawan memiliki komitmen untuk meningkatkan nilai ekologi perusahaan dan memfasilitasi pertumbuhan perusahaam serta peningkatan dalam kualitas layanan,
Kata kunci : Green Business ,Green HRM
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24167/praxis.v5i3.11170
View My Stats | ISSN 2622-9137 (media online)