Pemanfaatan Hyperdocs Bagi Guru Dalam Merancang Project-Based Learning

Daud Karel Walanda, Mery Napitupulu, Detris Poba

Abstract


Ketika pembelajaran harus dilaksanakan dari rumah dan tidak dapat melakukan pembelajaran secara normal maka platform hyperdocs dapat digunakan untuk merancang lembar kerja yang transformatif dan interaktif. Fitur yang disedikan oleh hyperdocs sangat mendukung guru untuk merencanakan langkah-langkah belajar project-based learning namun tetap terorganisir. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru SMA mengenai bagaimana cara merancang project-based learning dengan menggunakan hyperdocs. Pembelajaran berbasis proyek yang akan dirancang oleh guru-guru SMA diharapkan dapat menggantikan lembar kerja tugas manual. Hasil rancangan juga akan lebih menarik karena akan menumbuhkan kreativitas guru, serta menciptakan kolaboratif baru antara siswa. Subjek sasaran adalah guru SMA Labschool UNTAD Palu (n = 15). Metode pelaksanaannya diawali dengan melakukan observasi untuk mendapatkan informasi awal mengenai mitra. Selanjutnya, dilakukan pelatihan yang terdiri dari presentasi, bimbingan teknis, evaluasi, dan pengolahan data. Kuisioner (15 item) dan instrumen wawancara terbuka (6 item) yang telah divalidasi digunakan untuk mengetahui persepsi guru. Hasil pelatihan menunjukan respon positif guru terhadap materi, kegiatan dan manfaat dari pelatihan mengenai pemanfaatan HyperDocs dalam merancang project-based learning. Pengabdian ini memberikan manfaat bagi guru-guru dalam memanfaatkan platform hyperdocs untuk merancang instrumen yang dapat digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Pemanfaatan, HyperDocs, Project-based learning



DOI: https://doi.org/10.24167/patria.v5i2.9819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat



View My Stats | ISSN 2656-5455 (media online)