Pembinaan Kepribadian Berkarakter Kristiani di Sekolah Menengah Atas Kristen Bandung
Abstract
Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan kemampuan kompetensi sikap peserta didik pada tingkat satuan pendidikan menengah atas, dalam bidang pendidikan karakter, yang diharapkan memberi kontribusi pada peningkatan kualitas belajarnya. Pentingnya kegiatan adalah agar seluruh peserta didik mampu mempresentasikan keteladan hidup sebagai orang beriman ditengah-tengah masyarakatnya sesuai dengan iman yang dianutnya. Pula diharapkan mampu mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru. Wujud aktivitas ini merupakan pendampingan aktivitas pembinaan kepribadian partisipan didik SMAK Kalam Kudus Mekar Wangi Bandung. Partisipan dalam aktivitas melibatkan guru mata pelajaran Pendidikan Kristen, siswa kelas 12, dan orang tua (wali) siswa. Kegiatan ini dicoba dengan tata cara pendampingan belajar lewat pelatihan serta konseling. Mengunakan metode analisis kualitif dengan Atlas.ti. Hasil aktivitas pendampingan yaitu: 1) Model pembinaan kepribadian yang diterapkan guru jadi lebih bervariatif, 2) Orangtua (wali) partisipan didik bisa mengenali pertumbuhan kepribadian anaknya disekolah sepanjang terletak di luar jam pengawasannya, serta 3) Bertambahnya pengetahuan serta pemahaman untuk partisipan didik tentang berartinya pembinaan kepribadian untuk dirinya sendiri sepanjang ia terletak dalam proses pembelajaran di masa saat ini yang hendak tiba serta seterusnya.
Keywords
pendampingan; pembinaan; membangun kepribadian; siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24167/patria.v4i1.3542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
View My Stats | ISSN 2656-5455 (media online)