Upaya Pencegahan Perilaku Bullying Pada Siswa SMA “XYZ” Melalui Kegiatan Psikoedukasi

Debora Vestalia, Sukmawati Sukmawati, Doddy Hendro Wibowo

Abstract


Permasalahan kekerasan dan bullying menjadi keluhan siswa yang terus berulang setiap tahun. Program layanan psikoedukasi ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mencegah dan mengatasi terjadinya perilaku bullying di lingkungan sekolah. Kegiatan dilakukan bersamaan dengan mahasiswa praktek Pembelajaran Lapangan di SMA “XYZ” dengan jumlah peserta 51 siswa. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan menyusun Rencana Pemberian Layanan (RPL) bersama Guru BK. Kegiatan psikoedukasi diawali dari: memahami definisi dan jenis bullying; memahami dampak bullying; dan memahami cara mencegah bullying. Hasil psikoedukasi menunjukkan siswa memiliki peningkatan pemahaman tentang perilaku bullying dan memahami tentang bagaimana mencegah perilaku bullying. Saran yang diajukan berdasarkan evaluasi kegiatan yakni kegiatan psikoedukasi hendaknya dapat dilakukan dengan berbagai macam topik pengembangan diri secara rutin berbasis pada kebutuhan siswa


Keywords


Bullying; Psikoedukasi; Siswa SMA.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24167/patria.v4i2.3394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat



View My Stats | ISSN 2656-5455 (media online)