Efektivitas Pelatihan Keterampilan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Kemampuan Konselor
Abstract
Perguruan tinggi bukan hanya tempat mahasiswa memperoleh pengetahuan akademik namun juga tempat pembentukan karakter yang cerdas, inovatif, tangguh dan resilien . Salah satu cara pembentukan karakter mahasiswa yang cerdas, inovatif, tangguh dan resilien, melalui pengolahan berbagai masalah yang dialaminya dalam bidang akademik maupun non akademik. Unit Sahabat Psikologi (sabpsi) adalah sebuah unit yang memberi layanan bimbingan dan konseling kepada mahasiswa S1 dan S2 Fakultas Psikologi UNIKA Soegijapranata. Masalah yang dialami mahasiswa semakin bervariasi jenis dan intensitasnya, bukan hanya masalah akademik namun juga masalah yang mengarah pada psikopatologis klinis. Tujuan dari aktivitas pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bimbingan dan konseling (konselor) sabpsi agar dapat melayani mahasiswa secara maksimal. Pelatihan ini diberikan selama 4 minggu meliputi pelatihan (1) kepribadian yang terapeutik; (2)psikopatologis klinis (3) psikoedukasi, dan konseling online; (4) konseling kelompok. Pelaksanaan pelatihan dengan frekuensi 1 minggu 1 topik dengan durasi 120 menit secara daring menggunakan platform google meet. Setiap sesi pelatihan diikuti tugas rumah yang didiskusikan pada pertemuan berikutnya. Berdasar pembandingan pretes dan postes diketahui bahwa setelah mengikuti pelatihan, peserta (1)lebih mampu mengarahkan dirinya agar memiliki kepribadian yang terapeutik; (2)lebih memahami psikopatologis klinis; (3) mampu membuat program layanan psikoedukasi dan melaksanakan konseling online; (4)mampu memfasilitasi konseling kelompok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adebowale, T. A. (2011). “Perceived Availability of Guidance and Counseling Servis among Tertiary Institute Students in Selected South-West University in Nigeria”. Life Psychology, 19 (1), hlm. 360-374. DOI: 10.4314/ifep.v19i1.64608
Afdal (2015). “Kolaboratif: Kerangka Kerja Konselor Masa Depan”. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), hlm1-7. ISSN Cetak: 2337-6740 - ISSN Online: 2337-6880. Diperoleh dari http://jurnal.konselingindonesia.com
Astarini, D., Nirwana, H., Ahmad, R. (2016). “Hubungan antara Konsep Diri Sosial, Persepsi Siswa tentang Dukungan Sosial Orangtua, dan Teman Sebaya dengan Komunikasi Interpersonal Siswa dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling”. Konselor 5(4), hlm 247-257. ISSN: Print 1412-9760 – Online 2541-5948. Diperoleh dari http://ejournal.unp.ac.id/ index.php/konselor
Bloom, J.W., Walz, G.R, 2004, Cybercounseling & Cyberlearning. An Encore, US: CAPS Press
Corey, G. (2012). Theory and Practice of Group Counseling, USA: Brooks/Cole
Corey, G. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychoterapy, Australia: Brooks/Cole.
Gysbers, Norman, C., & Henderson, Patricia. (2012). Developing & Managing Your School Guidance & Counseling Program, USA: American Counseling Association.
Halgin, R.P., & Whitbourne, S.K. (2009). Psikologi Abnormal (terjemahan). Jakarta:Salemba Humanika
Pingree, Harward. (2014). Bringing Theory to Practice. The Psychological Well Being and Flourishing of Students, Liberal Education
Pratama, B., D. & Suharni. (2017). Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Underachiever. Jurnal Ilmiah
Counsellia, 7(1), hlm 1-10. P-ISSN 2088-3072 E-ISSN 2477-5886. Diperoleh dari e-journal.unipma.ac.id.
Samuel, T & Gladding. (2015). Konseling Profesi yang Menyeluruh, Jakarta: Indeks
Supratiknya, A. (2011). Psikoedukasi, Yogyakarta: penerbit Universitas Sanata Darma
Yuliani. I. (2018). “Konsep Psychological Well-Being Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling”. Journal Of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 2 (2), hlm 7-12. ISSN (Print): 2548-3226 .ISSN (Online): 2580-7153. Diperoleh dari http://journal.umtas.ac.id/ index.php/ innovative_counseling
DOI: https://doi.org/10.24167/patria.v3i2.3189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
View My Stats | ISSN 2656-5455 (media online)