Membangun Percaya Diri Anak Panti Asuhan Melalui Kreativitas Majalah Dinding Sekolah

Martika Dini Syaputri, Ian Michael

Abstract


Abstrak: Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang diwujudkan melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini dilakukan di salah satu Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) atau Panti Asuhan di Surabaya. Kegiatan yang dilakukan selama 3 (tiga) bulan dilakukan dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi oleh dampingan. Metode dalam menemukan akar masalah ialah dengan menggunakan analisis sosial serta melakukan wawancara secara mendalam dengan anak asuh, pengurus serta alumni. Pengalaman masa lalu yang buruk, lingkungan keluarga yang kurang baik, latar belakang yang tidak jelas maupun perlakukan yang berbeda ketika di masyarakat menjadikan dampingan kurang percaya diri. Bahwa percaya diri sangat berpengaruh untuk kesuksesan dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, melalui program KKN ini, pendamping ingin membentuk rasa percaya diri dengan menggunakan media majalah dinding sekolah. Sehingga lingkungan sekolah akan memberikan respon yang positif bagi dampingan.


Abstrack: Mentoring at the Community Service orphanage in Surabaya. Activities  carried out for 3 (three) months to solve the problem  at hand. The method used to solve problems with social analysis and in depth interviews  to orphanages, management and graduate. Bad past experience, poor family environment, unclear background and different treatments when in the community make  them less confident. That self-confidence is very influential for success in the future.  Therefore, through this KKN program, we want to build self-confidence by using the school wall magazine media. So  that the school environment will respond positively to them.

 


Keywords


Orphanage, Confidence, Creative

Full Text:

PDF

References


Taylor, Ros (2003). Kiat-kita Pede. Jakarta: Gramedia.

Surya, Hendra (2007). Percaya Diri Itu Penting: Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Percaya Diri Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo

Setiadi, J. Nugroho (2016). Membangun Karakter Orang-orang Yang Sangat Kreatif. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Qamar, Nurul (2013). Hak Asasi Manusia dalam Negara Hukum (Human Rights in Democratiche Rechtsstaat). Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: https://doi.org/10.24167/patria.v1i2.2096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 PATRIA



View My Stats | ISSN 2656-5455 (media online)