Workshop Pembelajaran Logika Pemrograman Menggunakan Construct 3 di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta

Matahari Bhakti Nendya, I Kadek Dendy Senapartha

Abstract


Abstrak: Pemrograman adalah keterampilan kunci dalam era teknologi informasi yang terus berkembang pesat. Untuk menghadapi tuntutan masa depan, pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan siswa untuk menjadi individu yang kompeten di bidang teknologi. Workshop "Pembelajaran Logika Pemrograman Menggunakan Construct 3" di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar dalam logika pemrograman kepada siswa, dengan menggunakan alat pengembangan game Construct 3 yang bersifat user-friendly. Workshop ini bertujuan untuk membantu siswa merancang, mengembangkan, dan memahami konsep dasar pemrograman melalui pengalaman interaktif dalam pembuatan game. Workshop ini diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman logika pemrograman, berpikir kritis, dan kreativitas mereka, serta memberikan wawasan tentang peluang karir di bidang teknologi. Kami berharap bahwa workshop ini akan berkontribusi positif dalam membentuk generasi siswa yang siap untuk menghadapi tantangan di dunia teknologi yang terus berubah. Hasil yang dicapai berupa karya game digital yang merupakan perwujudan dari ide kreatif dan logika siswa dalam pemrograman.

 

Abstract: Programming is a key skill in the rapidly evolving information technology era. To meet future demands, education at the high school level plays a crucial role in preparing students to become competent individuals in the field of technology. The workshop titled "Understanding Programming Logic Using Construct 3" at SMA BOPKRI 1 Yogyakarta aims to provide students with a fundamental understanding of programming logic using the user-friendly game development tool Construct 3. This workshop is designed to help students design, develop, and grasp basic programming concepts through interactive game development experiences. It is expected that this workshop will enhance students' understanding of programming logic, critical thinking, and creativity, as well as provide insights into career opportunities in the technology field. We hope that this workshop will make a positive contribution in shaping a generation of students who are ready to face the challenges of the ever-changing world of technology. The results achieved are digital game works which are a release of students' creative ideas and logic in programming.


Keywords


construc3, game, logika, pemrograman

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24167/patria.v1i1.12725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat



View My Stats | ISSN 2656-5455 (media online)