Optimalisasi Potensi Media Sosial Untuk Menjangkau Pemilihan Pemula Pada Pemilihan Umum 2024
Abstract
Pada konteks pemilihan umum, media sosial sering digunakan untuk memperkenalkan calon, menyampaikan platform politik, dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi. Pada pemilih pemula merupakan peluang yang sangat menguntungkan karena memiliki berbagai alasan yaitu pertama pemilih pemula memiliki masa depan politik yang panjang di depan mereka, kedua pemilih pemula memiliki sikap politik yang belum mapan. Mereka dapat lebih mudah berubah sikap atau mendukung isu-isu tertentu sesuai dengan pesan dan kampanye. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan informatif, dengan tujuan memotivasi pemilih pemula untuk berpartisipasi aktif dalam proses pemilihan, sekaligus membentuk persepsi positif terhadap demokrasi. Penelitian ini menggunakan data yang dikumpulkan dari sumber online seperti artikel, berita, dan laporan. Hasil dari sosialisasi ini tentunya generasi muda yang ada di sosial media dan generasi muda yang ada di Desa Peguyangan Kaja mampu dalam meningkatkan pemahaman dan kualitas dalam memilih informasi dan memberikan suara yang rasional pada saat mengikuti pemilihan umum.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24167/patria.v6i1.11663
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
View My Stats | ISSN 2656-5455 (media online)