Edukasi Pengenalan, Pemanfaatan dan Pengelolaan Tanaman Obat pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Agustina Setiawati

Abstract


Pemanfaatan tanaman obat telah dikenal secara empiris dapat membantu mengobati dan meringankan gejala penyakit di masyarakat Indonesia. Pemanfaatan ini belum optimal disebabkan oleh karena kurangnya edukasi dan pengenalan tanaman obat. Pada kegiatan ini, dilakukan edukasi  pada siswa SD kelas VI sejumlah 38 anak. Edukasi ini dilakukan secara pemaparan materi mengenai tanaman obat Indonesia dan pengelolaannya, dilanjutkan dengan pembelajaran langsung dengan mengunjungi kebun obat, dan de-briefing peneguhan materi yang didapatkan oleh para siswa. Selain itu, para siswa diperkenalkan proses pembuatan minuman herbal dari bunga telang. Evaluasi keberhasilan kegiatan ini dilakukan dengan peningkatan skor test, yaitu 32,37 ± 13.24 sebelum edukasi, menjadi 66,05 ± 21,50 setelah edukasi. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan para siswa mengenai tanaman obat Indonesia.


Keywords


tanaman obat, edukasi, empiris, kebun obat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24167/patria.v6i1.10570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat



View My Stats | ISSN 2656-5455 (media online)