Pengaruh Preventing Dan Ajaran Tri Pantangan Terhadap Kecenderungan Berperilaku Curang

Dewi Kusuma Wardani, Deazilva Ian Herlicia

Abstract


The purpose of this study is to ascertain the impact of prevention and tri pantangan teachings on the tendency of dishonest behavior. Research of this kind is quantitative. By giving out surveys to students at Yogyakarta's Tamansiswa University, primary data are collected. Convenience sampling is the sample method employed, while IBM SPSS Statistics 20 is used to analyze the data. Data was gathered by sending pupils access to Google forms via the Whatsapp messaging service. One hundred surveys were processed in total. The findings of this study demonstrate that tri pantangan lessons and prevention have a major impact on the tendency of dishonest behavior, while prevention has the opposite effect. The tri pantangan's teachings have an adverse effect on the the tendency of dishonest behavior

Keywords


preventing; tri pantangan teachings; the tendency of dishonest behavior

References


Arista, R. F. and Listyani, R. H. (2015) ‘Plagiarisme Di Kalangan Mahasiswa’, Paradigma, 03(02), pp. 1–5.

Artani, K. T. B. and Wetra, I. W. (2017) ‘Pengaruh Academic Self Efficacy Dan Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Di Bali’, Jurnal Riset Akuntansi, 7(2), pp. 123–132.

Damayanti, C. P. (2018) ‘Hubungan Faktor-Faktor Dalam Dimensi Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta’, Pakistan Research Journal of Management Sciences, 7(5), pp. 1–2.

Dyah MK, I., Mawardi, M. C. and Amin, M. (2019) ‘Analisis Perilaku Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Akuntansi dengan Menggunakan Konsep Fraud Triangle’, E-Jra, 08(02), pp. 136–147.

Fakhruddin et al. (2014) ‘Arah Pengembangan Atmosfer Akademik Pembentukan Iklim Kampus yang Beretikan dan Bermoral’, 1(26), pp. 1–150.

Fitriana, A. and Baridwan, Z. (2012) ‘Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi : Dimensi Fraud Triangle’, Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 3(2), pp. 242–254.

Fuad, K. (2015) ‘Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Pengaruh Preventing, Alienation Dan Neutralization Terhadap Kecenderungan Berperilaku Curang’, Jurnal Akuntansi Indonesia, 4(1), pp. 24–35.

Hakim, M. L. (2015) ‘Analsis Perbedaan Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pencegahan Kecurangan Akademik’, pp. 9–33.

Harahap, H. H. (2020) ‘Pencegahan Dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang’, Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), pp. 186–190.

Imelda, E., Wirianata, H. and Suryani, A. (2020) ‘Hubungan Pengungkapan Sukarela terhadap Biaya Utang yang Dimoderasi oleh Ketepatan Waktu Pengungkapan’, Equity, 22(2), pp. 173–184.

Iqbal, M. (2010) ‘Pengaruh Tindakan Pencegahan, Pendeteksian Dan Audit Investigatif Terhadap Upaya Meminimalisasi Kecurangan Dalam Laporan Keuangan’.

Kartadjumena, E. and Indriyati, N. (2021) ‘Pengaruh Moderasi Kesadaran Anti Kecurangan dan Moralitas pada Hubungan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dengan Pencegahan Kecurangan’, Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 7(1), pp. 25–35.

Mariah, S. (2017) ‘Karakteristik Calon Pamong Bercirikan Tamansiswa Menghadapi Era MEA 2015’, Jurnal LP3M, 3(2), pp. 171–180.

Marwah, S. S., Syafe’i, M. and Sumarna, E. (2018) ‘Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam’, Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), p. 14.

Maryati (2015) ‘Manajemen Pelayanan Pemberangkatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Ke Luar Negeri Di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang’.

Mawarti, R. A. et al. (2021) ‘Perilaku Menyimpang Mahasiswa dalam Kinerja Akademik di Perguruan Tinggi’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), p. 210.

Meng, C. L. et al. (2014) ‘Influence of Neutralization Attitude in Academic Dishonesty among Undergraduates’, International Education Studies, 7(6), pp. 66–73.

Monika, S. A. (2020) Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswwa Universitas Pancasakti Tegal : Dimensi Fraud Triangle Dengan Gender Sebagai Variabel Kontrol.

Muharromah, E. D., Amin, M. and Mawardi, M. C. (2018) ‘Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Pengaruh Preventing Dan Neutralization Terhadap Kecenderungan Berperilaku Curang’, E-JRA, 07(01), pp. 32–45.

Munirah, A. and Nurkhin, A. (2018) ‘Pengaruh Faktor - Faktor Fraud Diamond dan Gone Thery Terhadap Kecurangan Akademik’, Economic Education Analysis Journal, 3(1), pp. 120–139.

Nugroho, D. S. (2015) Kejujuran Akademik Pada Mahasiswa.

Pamungkas, D. D. (2015) ‘Pengaruh Faktor-Faktor Dalam Dimensi Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2014/2015’, pp. 224–233.

Partana, I. P. D. (2018) Hubungan Keyakinan Diri Dengan Perilaku Pencegahan ISPA Pada Ibu Balita Di UPT Kesmas I Denpasar Timur Kota Denpasar, Thesis.

Pelawi, M. H. P. (2020) ‘Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Ekstensi Universitas Sumatera Utara’.

Pramudyastuti, O. L., Fatimah, A. N. and Wilujeng, D. S. (2020) ‘Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi: Investigasi Dimensi Fraud Diamond’, Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), pp. 147–153.

Purnamasari, D. (2014) ‘Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Pada Saat Ujian dan Metode Pencegahannya’, pp. 1–171.

Qudsyi, H., Sholeh, A. and Afsari, N. (2018) ‘Upaya mengurangi Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Melalui Peer Education’, Integritas, 4(1), pp. 77–100.

Rahmawati, S. and Susilawati, D. (2018) ‘Pengaruh dimensi fraud diamond dan religuisitas terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa’, Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(September), pp. 269–290.

Ristianingsih, I. (2017) ‘Telaah Konsep Diamond Theory Dalam Mendeteksi Perilaku Fraud Di Perguruan Tinggi’, Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis, 2017, pp. 128–139.

Rohendi, H. (2018) ‘Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Bandung’, Ekspansi, 10(1), pp. 75–81.

Sagoro, E. M. (2013) ‘Pensinergian Mahasiswa, Dosen, Dan Lembaga Dalam Pencegahan Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), pp. 54–67.

Salong, A. (2020) ‘Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Dalam Proses Perkuliahan’, Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 6(2), pp. 93–106.

Septiani, Y., Aribbe, E. and Diansyah, R. (2020) ‘Akuntansi Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual’, Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), pp. 131–143.

Solikah, A. (2022) ‘Pengaruh Monet Ethics, Pemahaman Tri Pantangan Dan Tax Evasion : Religiusitas Sebagai Pemoderasi’, Jurnal Literasi Akuntansi, pp. 35–43.

Susanto, L. C. and Carolina, Y. (2022) ‘Pengaruh Pengendalian Internal, Moralitas Individu, Ketaatan Aturan Akuntansi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi’, Akuntansi Manajemen Bisnis dan Teknologi, 2(1), pp. 1–9.

Umam, M. K. and Syamsiyah, D. (2019) ‘Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Desain Pembelajaran Bahasa Arab’, EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2), pp. 59–82.

Waharjani (2015) ‘Telaah Terhadap Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan Pondok Asrama Tamansiswa’, Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 4(1), pp. 241–265.

Wahyuningsih, T. M. (2014) Implementasi Ajaran Ki Hadjar Dewantara Dalam Pembelajara Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Membangun Sikap Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Wardani, D. K. and Ice, H. Y. (2022) ‘The Influence of Perception and Understanding of Tri- Nga Teachings on Career Interests of Accounting Students as Tax Consultants ( Case Study on Accounting Students at Sarjanawiyata Tamansiswa University , Yogyakarta )’, INTERNATIONAL SEMINAR COMMEMORATING THE 100TH ANNIVERSARY OF TAMANSISWA, pp. 377–383.

Wardani, D. K. and Ngara, A. A. A. K. (2022) ‘Pengaruh Pertimbangan Etis Terhadap Perilaku Mahasiswa Akuntansi Untuk Melakukan Tindakan Whistleblowing’, Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(3), pp. 315–320.

Wardani, D. K., Prihatni, Y. and Wulandari, A. (2022a) ‘Pengaruh pemahaman TRI Pantangan Tamansiswa, sikap moral dan tingkat kepercayaan terhadap niat melakukan penyelewengan pajak’, SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(2), pp. 212–219. doi: 10.30738/sosio.v8i2.12832.

Wardani, D. K., Prihatni, Y. and Wulandari, A. (2022b) ‘Pengaruh Pemahaman Tri Pantangan Tamansiswa, Sikap Moral Dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Niat Melakukan Penyelewengan Pajak’, Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(2), pp. 212–219.

Wardani, D. K., Primastiwi, A. and Hanisah (2021) ‘Fraud Prevention of Government Procurement of Goods and Services in Local Government’, Jurnal Akuntansi, 25(2), pp. 256–275.

Wardani, K. D. and Wahyuningtyas, W. (2018) ‘Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi Pengaruh Asimetri Informasi Pada Manajemen Laba’, Jurnal Kajian Bisnis, 25(2), pp. 69–81.

Wijayanti, D. (2018) ‘Pendidikan Anti Korupsi Dalam Perspektif Ajaran Ki Hadjar Dewantara’, Jurnal PPKn, 6(1), pp. 1252–1263.

Wulandari, D. N. and Nuryanto, M. (2018) ‘Pengaruh Pengendalian Internal, Kesadaran Anti-Fraud, Integritas, Independensi, dan Profesionalisme Terhadap Pencegahan Kecurangan’, Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 4(2), p. 117.

Zamzam, I., Mahdi, S. and Ansar, R. (2017) ‘Pengaruh Diamond Fraud Dan Tingkat Religiuitas Terhadap Kecurangan Akademik’, Jurnal Ilmiah Akuntansi Pendidikan, 3, pp. 1–24.




DOI: https://doi.org/10.24167/jemap.v6i1.5713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2622-612X | View My Stats