Pengaruh Pembebasan Sanksi Administratif Pajak Kendaraan Bermotor Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua (R2) (Studi Kasus Pada Kantor Bersama Samsat Lamongan)

Rina Febrianti Miftahur Rohmah, Umar Yeni Suyanto, Rina Sulistyowati

Abstract


This study aims to examine and analyze the effect of exemption from motor vehicle tax administrative sanctions and service quality on the compliance of two-wheeled motorized vehicle taxpayers at the Lamongan Samsat , either partially or simultaneously. The number of samples used is 100 motor vehicle taxpayers which is calculated using the slovin formula with the method of determining the sample, namely incidental sampling. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using the SPSS 24 program. The results show that partially there is the effect of exemption from motor vehicle tax administrative sanctions and has a positive and significant effect on motor vehicle taxpayer compliance. In the service quality variable there is a positive and significant effect on motor vehicle taxpayer compliance. Meanwhile, simultaneously the exemption of motor vehicle tax administrative sanctions and service quality have a positive and significant impact on the compliance of two-wheeled motorized vehicle taxpayers at the Lamongan Samsat.


Keywords


Motor Vehicle Tax Administrative; Service Quality; Taxpayer Compliance

References


Chusaeri, Y., Daiana, N., & Afifudin. (2017). Pengaruh Pemahaman dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Batu). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi. 6 (9).

Ferry, W,. & Dewi Sri. 2020. Pengaruh Pemutihan Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Palembang. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 18 (1). Doi: 10.32524/jkb.v18i1.626.

Hartopo, A., Masitoh, E., & Siddi, P. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kesadaran, Pemeriksaan, Pengetahuan, dan Sanksi Pajak atas Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan di Kecamatan Delanggu. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen. 16 (2). Doi: 10.31599/jiam.v16i2.394.

Rahayu, C., & Amirah. (2018). Pengaruh Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Kantor Samsat Brebes). Permana, 10 (1) Doi: 10.24905/PERMANA.V10I2.78

Sarifah, N., Sukidin., & Hartanto, W. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Lima Tahunan (Studi di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Soebandi Kabupaten Jember). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14 (2). Doi: 10.19184/jpe.v14i2.16516.

Sarlina., L., Kurniawan, A., & Umiyati, I. (2019). Pengaruh Akses Pajak, Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Presepsi Adanya Reward Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 1 (2). Doi: 10.32670/fairvalue.v1i2.9.

Satria, G. 2020. Realisasi Penjualan Sepeda Motor 2020, Terburuk Sejak 2017. Diambil dari : https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/otomotif/ read/2021/01/20/080200915/realisasi-penjualan-sepeda-motor-2020-terburuk-sejak-2017 [Diakses pada 10 Februari 2021].

Setiawan, D. 2021. Asyik, Pembayaran Belum Jatuh Tempo Tetap Bisa Ikut Pemutihan Pajak. https://news.ddtc.co.id/asyik-pembayaran-belum-jatuh-tempo-tetap-bisa-ikut-pemutihan-pajak-29427?page_y=0. [Diakses pada 7 Mei 2021]

Widajantie, T, Diah., & Anwar, S. (2020). Pengaruh Program Pemutihan Pajak kendaraan Brerrmotor, Kesadaran wajib Pajak, Sosialisasi Pajak, dan Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama SAMSAT Surabaya Selatan). Behavioral Accounting Journal, 3 (2). Doi : 10.3305/baj.v3i2.103.




DOI: https://doi.org/10.24167/jemap.v5i1.3629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2622-612X | View My Stats