Eksplorasi Teknologi Perpajakan (E-Filling) dalam Strategi Personal Selling: Studi Kasus pada KPP Pratama Bangkalan

Sahala Purba, Lassio Siahaan

Abstract


Strategi jemput bola (personal sales) merupakan strategi yang dilakukan oleh penyedia jasa dengan cara menghubungi atau mengunjungi pelanggannya secara langsung, seperti pada proses pelayanan perpajakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknologi perpajakan dengan personal sales terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak di Kabupaten Bangkalan yang melaporkannya ke KPP Pratama Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui data primer yang diambil dari wawancara dengan pekerja magang di KPP Pratama Bangkalan serta beberapa literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman wajib pajak terhadap teknologi perpajakan dapat ditingkatkan melalui pendekatan sosialisasi dan pendampingan yang lebih insentif yaitu program layanan personal sales yang dilakukan oleh KPP Pratama Bangkalan. Kontribusi penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana teknologi perpajakan dapat memberikan dampak positif terhadap kepatuhan wajib pajak dan efisiensi pengelolaan pajak di tingkat daerah. Kontribusi lain dalam penelitian ini dapat menjadi dasar perbaikan lebih lanjut atau masa depan dalam pemanfaatan teknologi perpajakan, serta pelayanan penjualan perorangan dalam konteks perpajakan daerah khususnya di Kabupaten Bangkalan.


Keywords


Personal Selling, Program Layanan Penjemputan, Kepatuhan Wajib Pajak, Teknologi Perpajakan

References


Agriyanto, R., Istiariani, I., Ningsih, T. W., & Sulistyowati, N. (2022). Peran Relawan Pajak dalam Upaya Pendampingan Pelaporan Pajak di KPP Pratama Kudus. Panrita Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 235–243. http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/12686

Anggraeni, A. W., & Mochammad Al Musadieq., A. H. (2016). PERANAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM PENCAPAIAN TARGET PENERIMAAN PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN DARI PERTAMBANGAN BATU KAPUR DI KABUPATEN TUBAN. 10(1), 1–23.

Ardiyanti, N. P. M., & Supadmi, N. L. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, dan Penerapan Layanan SAMSAT Keliling pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi, 30(8), 1915. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i08.p02

Darmayasa, I. N., Wibawa, B. P., & Nurhayanti, K. (2020). E-filling dan Relawan Pajak dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Kajian Akuntansi, 4(2), 208. https://doi.org/10.33603/jka.v4i2.3949

Dewi, R. R., Siddi, P., & Titisari, K. H. (2020). Pendampingan Kepada Wajib Pajak Dalam Pelaporan Spt Menuju Kepatuhan Pembayaran Pajak Orang Pribadi. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 98–108. https://doi.org/10.31540/jpm.v2i2.612

Fadhilatunisa, D., Fakhri, M. M., Rosidah, Radhiah, & Jannah Raodahtul. (2022). Analisis Aplikasi Pajak (E-Filling Dan E-Billing) Berbasis Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 1(1), 100–120. https://doi.org/10.24252/jiap.v8i1.28714

Handayani, H. rahayu, & Setianigrum, T. D. (2022). Pribadi Kpp Pratama Cimanggis. Universitas Pamulang, 5(3), 801–809.

Marliza, Y., Wiguna, K., & Andini, M. (2021). The influence of service quality of motor vehicle tax toward taxpayer compliance in paying motor vehicle tax (a case study at Samsat Lubuk Linggau). International Conference on Agriculture and Applied Science, November, 2018–2021. https://doi.org/10.25181/icoaas.v1i1.2019

Mustofa, Ardyan., Vebriana, Andra Eka., & Ardiana, T. E. (2022). The Effect of Mobile Samsat, Tax Dissemination and Tax Sanctions on Motor Vehicle Tax Compliance in Ponorogo Regency. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(22), 1–13.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645




DOI: https://doi.org/10.24167/jemap.v7i1.11139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN 2622-612X | View My Stats