STUDI PRELIMINARI EVALUASI PROGRAM KESEHATAN PELAYANAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS KAGOK

Elizabeth Angelia Joane Asher, Cornelia Nandita Setyoningrum, Muhammad Yudha Alifiansyah, Felicia Michel Evelyn, Eugene Talentino, Matilda Stella Pradnya

Abstract


Latar belakang: Kehamilan risiko tinggi adalah kehamilan dengan risiko lebih besar dari biasanya serta dapat menyebabkan terjadinya penyakit atau kematian sebelum maupun sesudah persalinan, baik bagi ibu dan janin. Puskesmas sebagai sarana kesehatan tingkat primer dapat memberikan pelayanan yang lengkap serta berupaya melakukan tindakan promotif dan preventif untuk mencegah peningkatan AKI. Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator untuk menilai serta melihat upaya program keberhasilan kesehatan ibu.

Tujuan penelitian: Untuk menilai kualitas pelayanan program kesehatan ibu hamil yang berkaitan dengan hamil risiko tinggi di Puskesmas Kagok.

Metode: Penelitian ini merupakan studi preliminari yang menggunakan jenis penelitian deskriptif observasional. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yang didapatkan dari Puskesmas Kagok periode bulan Januari-Oktober tahun 2023 terkait pelayanan kesehatan ibu hamil risiko tinggi.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan capaian Standar Pelayanan Minimum (SPM) dalam pelayanan kesehatan ibu hamil bulan Januari-Februari masuk kriteria baik, sedangkan Maret-Oktober sudah kriteria prima. Dari sebelas capaian program pelayanan kesehatan ibu hamil, khususnya penanganan ibu hamil risiko tinggi, sepuluh diantaranya mendapatkan kriteria prima.

Kesimpulan: Pelayanan kesehatan ibu hamil, khususnya penanganan ibu hamil risiko tinggi di Puskesmas Kagok secara keseluruhan mencapai kriteria prima dan dapat terlaksana dengan baik dalam pelaksanaan kegiatan dan capaian SPM.

 


Keywords


kehamilan risiko tinggi; standar pelayanan minimal; puskesmas



DOI: https://doi.org/10.24167/jpb.v3i1.11831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pranata Biomedika | e-ISSN : 2828-1233