ANALISIS CAKUPAN IMUNISASI DASAR PUSKESMAS MIJEN PERIODE JANUARI—NOVEMBER 2023

Mikael Trisna Sanjaya Putra, Daniel Cahyadi, Karen Nathania Wijono, Jesdi Jesdi Jaya Rahmanda Manihuruk, Maria Fernanda Dhone, Andrea Hannesya, Agus Susanto

Abstract


Latar belakang: Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) merupakan program yang diusung pemerintah untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak. Salah satu upaya yang meningkatkan status kesehatan ibu dan anak adalah imunisasi. Imunisasi penting diberikan untuk mencegah dan mengurangi kejadian sakit, cacat, dan kematian akibat Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi (PD3I). Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai pelaksana pelayanan kesehatan dasar yang memberikan imunisasi menjadi fokus untuk meningkatkan cakupan imunisasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan penurunan, maupun kenaikan pada cakupan imunisasi dasar di Puskesmas Mijen.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah data imunisasi dasar lengkap Puskesmas Mijen pada bulan Januari—November 2023. Analisis yang dilakukan berupa faktor-faktor yang memengaruhi kenaikan dan penurunan dari cakupan imunisasi dasar.

Kesimpulan: Berdasarkan penelitian cakupan imunisasi bulanan Puskesmas Mijen periode Januari—November 2023 sudah memenuhi target. Faktor yang paling memengaruhi cakupan imunisasi Puskesmas Mijen adalah dilakukannya sweeping data.


Keywords


kunci: Kesehatan Ibu dan Anak (KIA); imunisasi; Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)



DOI: https://doi.org/10.24167/jpb.v3i1.11650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pranata Biomedika | e-ISSN : 2828-1233