HUBUNGAN SIKAP DAN PENGETAHUAN CA MAMMAE PADA PERILAKU SADARI WANITA USIA SUBUR (WUS) DI WILAYAH PASCA BENCANA KOTA CIANJUR

Novita Wulandari, Sintikhewati Yenly Sucipto

Abstract


Latar belakang : Ca mammae adalah satu jenis tumor ganas yang tumbuh di jaringan payudara yang umum terjadi pada wanita. Berdasarkan survei WHO menyebutkan bahwa 8-9% wanita mengalami Ca mammae. Tiap tahunnya lebih dari 185.000 wanita didiagnosa mengidap Ca mammae. Tingginya angka kasus kanker payudara tak sedikit pula mengakibatkan penderita kanker payudara berujung pada kematian. Ironinya, permasalahan yang sering ditemukan pada penderita kanker di Indonesia 50% datang ke tempat pengobatan dalam kondisi telah stadium lanjut. Padahal jika ditemukan saat stadium dini maka angka kesembuhan pasien kanker payudara mencapai 90%.. Faktor resiko kanker payudara dapat dideteksi dengan cara pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) bertujuan untuk deteksi dini adanya kanker payudara dan bukan untuk pencegahan kanker payudara.

Tujuan penelitian : Mengetahui hubungan sikap dan pengetahuan Ca mammae terhadap perilaku SADARI Wanita usia subur (WUS) di Desa Galudra, Desa Padaluyu, Desa Cibeureuem.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Responden pada penelitian ini adalah wanita usia subur dengan jumlah responden 76 diambil dengan purposive sampling di tiga desa yaitu Desa Galudra, Desa Padaluyu, Desa Cibeureuem yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis data dilakukan dengan cara univariat, bivariat dengan menggunakan uji non-parametrik chi square test.

Hasil : Didapatkan hasil terdapat hubungan antara sikap dengan p value 0.028 < α 0.05 dan pengetahuan terkait Ca mammae dengan p value 0.027 < α 0.05 pada perilaku SADARI pada wanita usia subur (WUS) di Desa Galudra, Desa Padaluyu, Desa Cibeureuem.

Kesimpulan: Terdapat hubungan sikap dan pengetahuan Ca mammae pada perilaku SADARI wanita usia subur (WUS) di Desa Galudra, Desa Padaluyu, Desa Cibeureuem, Kota Cianjur, Jawa Barat.


Keywords


sikap; pengetahuan; Ca mammae; SADARI; WUS



DOI: https://doi.org/10.24167/jpb.v2i2.11208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pranata Biomedika | e-ISSN : 2828-1233