EVALUASI KESEHATAN MENTAL PADA ANAK YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN KRISTEN X DI SEMARANG: PRELIMINARY STUDY

Monica Paotiana, Marita Sofia Temkon, Novelantino Charisma Munandar, Gerald Hendry Briant, Anesta Indah Nugraha Putri, Azizah Dian Permatasari

Abstract


Latar belakang : Panti Asuhan adalah lembaga tempat tinggal yang dikhususkan untuk mengasuh dan mendidik anak-anak yatim piatu, yaitu anak-anak yang orang tuanya telah meninggal dunia atau tidak mampu mengasuhnya. Anak-anak yang tinggal di bawah pengasuhan institusi seringkali menderita masalah perkembangan mental dan perilaku.

Tujuan penelitian : Evaluasi kesehatan mental pada anak yang tinggal di Panti Asuhan Kristen X di Semarang

Metode : Penelitian ini merupakan observational preliminary study. Subjek penelitian adalah semua anak remaja Perempuan usia 10-18 tahun yang tinggal di Panti Asuhan Kristen X berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner Kesehatan Mental yang telah dimodifikasi dan telah dilakukan uji validasi. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam narasi dan gambar.

Kesimpulan: Rerata subjek berusia 14 tahun. Sebanyak 14 anak memiliki hubungan yang baik dengan sesama penghuni dan pengurus panti asuhan. Terdapat 6 anak yang memiliki gejala gangguan cemas dan depresi. Perlu dilakukan pemeriksaan menyeluruh mengenai kesehatan mental dan tatalaksana lanjutan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.


Keywords


panti asuhan, kesehatan mental, remaja



DOI: https://doi.org/10.24167/jpb.v2i2.10841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pranata Biomedika | e-ISSN : 2828-1233