KEPUASAN PESERTA PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) DI PUSKESMAS NGESREP KOTA SEMARANG: PRELIMINARY STUDY

Mayang Setyaningsih, Jannesie Sellya Tiara, Elsa Ambarura, Elisabet Margaretta Simangunsong

Abstract


Latar belakang: PROLANIS merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi dalam rangka pemeliharaan kesehatan peserta BPJS. PROLANIS mencakup pasien yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal. Penyakit kronis meliputi hipertensi dan diabetes mellitus (DM). Kegiatan PROLANIS tersedia di Faskes Tingkat Pertama atau Puskesmas di seluruh Indonesia.  Kesesuaian pelaksanaan PROLANIS di Puskesmas Ngesrep akan dilihat melalui survei kepuasan peserta.

Tujuan penelitian: Untuk menggali kepuasan peserta PROLANIS di Puskesmas Ngesrep terhadap petugas, sarana prasarana, dan program kegiatan PROLANIS.

Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional preliminary study.  Teknik sampling menggunakan cluster sampling dengan kriteria inklusi adalah peserta PROLANIS yang hadir pada saat jadwal kegiatan berlangsung dan bersedia mengikuti survei.  Sedangkan kriteria eksklusi adalah peserta PROLANIS yang menolak mengikuti survei.  Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi struktur.  Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam narasi dan gambar.

Hasil: Luaran survei menunjukkan sebanyak 100% sampel menyatakan puas terhadap petugas dan sarana prasarana di Puskesmas Ngesrep. Sebanyak 92% sampel menyatakan puas dan 8% menyatakan cukup puas terhadap program dan kegiatan Puskesmas Ngesrep. Hambatan kepuasan berupa pelaksanaan senam dan penyuluhan.

Kesimpulan: Pelaksanaan PROLANIS di Puskesmas Ngesrep menghasilkan kepuasan dalam hal petugas, sarana dan prasarana, serta program dan kegiatan. Masih ada hambatan yang mempengaruhi kepuasan terhadap program dan kegiatan di Puskesmas Ngesrep.  Walaupun penelitian ini bersifat sebagai penelitian pendahuluan (preliminariy study), tetapi data yang diperoleh dapat memberi gambaran mengenai pelaksanaan PROLANIS di Faskes Pertama.


Keywords


PROLANIS; kepuasan peserta; puskesmas



DOI: https://doi.org/10.24167/jpb.v2i1.10136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pranata Biomedika | e-ISSN : 2828-1233