HUBUNGAN TINGKAT ANSIETAS TERHADAP KEPUASAN KERJA PETUGAS KESEHATAN UNIT DONOR DARAH PALANG MERAH INDONESIA SEMARANG

Mauritio Aldo Laksono, Edward Hartono, Jessica Christanti

Abstract


Latar belakang : Tingginya stresor dan beban kerja petugas kesehatan dapat mempengaruhi tingkat ansietas seseorang, sehingga dapat berdampak pada kepuasan kerja seseorang.

Tujuan penelitian : Menganalisis hubungan tingkat ansietas dengan kepuasan kerja petugas kesehatan UDD PMI kota Semarang.

Metode : Studi cross sectional dilakukan pada Januari 2023 pada petugas kesehatan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) di kota Semarang yang memenuhi kriteria inklusi, yang mengisi kuesioner Generalized Anxiety Disorder with 7 items (GAD-7) dan Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ) untuk menentukan tingkat ansietas dan kepuasan kerja. Analisis data dengan uji Normalitas dan uji Spearman.

Hasil : Hasil analisis bivariat hubungan tingkat ansietas terhadap kepuasan kerja, menggunakan uji Spearman dengan tingkat kepercayaan 95% yaitu nilai p-value sebesar 0,562 yang lebih besar dari 0,05. Nilai koefisien korelasinya didapat dengan nilai -0,073.

Kesimpulan : Maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat hubungan secara negatif yang signifikan secara statistik antara tingkat ansietas terhadap kepuasan kerja pada petugas kesehatan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kota Semarang.


Keywords


ansietas; kepuasan kerja; GAD-7; MSQ



DOI: https://doi.org/10.24167/jpb.v2i1.10123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pranata Biomedika | e-ISSN : 2828-1233