ANALISIS PENGARUH ILUSTRASI PADA KEMASAN “KEMRIPIK” TERHADAP MINAT BELI ALUMNI SMA PL SERVASIUS BEKASI

Yosep Kevin Dwiputra, Tabita Nani Aryani

Abstract


Tujuan utama penelitian adalah untuk  membuktikan  mengenai  apakah anak muda di Bekasi yang diwakilkan oleh alumni SMA Pangudi Luhur Servasius angkatan 16 tertarik  dan memiliki minat beli terhadap produk “Kemripik” jika ditinjau dari visual ilustrasi kemasan “ Kemripik”.  Penelitan ini  berpegang pada beberapa landasan teori,  yaitu   definisi kemasan, desain kemasan, ilustrasi, ilustrasi sebagai strategi pembentuk Bahasa visual dan minat beli konsumen.  Metode penelitian terbagi menjadi dua  yaitu  metode primer dan sekunder. Pada metode primer  menggunakan cara  pegumpulan data secara kuantitatif melalui kuisioner. Sedangkan metode sekunder menggunakan beberapa literature, blog, dan hipotesa sementara mengenai kemasan produk.  Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa ilustrasi pada kemasan dapat mempengaruhi minat beli konsumen, tetapi ilustrasi bukan lah hal satu-satunya yang paling mempengaruhi, tetapi ada beberapa foktor visual lain yang membuat minat beli pada produk, salah satunya adalah warna yang digunakan pada  kemasan.


Keywords


Kemasan; desain kemasan; ilustrasi; makanan ringan

References


Angelina Diah Kusumasari dan Supriono, (2017), “Pengaruh desain kemasan produk dan daya tarik iklan terhadap brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream”, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 49 No. 2 Agustus 2017).

Klimchuk, Marianne dan Sandra A. Krasovec. 2006. Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Novena Ulita dan Agus Budi Setyawan, (2016), “Strategi Ilustrasi Sebagai Bahasa Visual Pada Kemasan Bedak Lawas”, Jurnal Dimesi DKV, Vol 1, No 2 (2016)

ultimagz.com/review/gibran-dan-kaesang-luncurkan-camilan-kemripik-bagaimana-rasanya/

http://blog.alfacart.com/kemripik-kaesang-review-terbaru/




DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v3i2.3114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats