Identifikasi Penggunaan Motif Batik Parang Pada Kemasan Pepsodent Edisi Khusus Tahun 2017

Andreas Caesar July Fridanto, Bayu Widiantoro

Abstract


Kemasan merupakan salah satu elemen penting pada sebuah prodak, selain sebagai pelindung produk kemasan dapat membangun sebuah brand melalui pesan, desain kemasan yang menarik adalah desain yang mampu menarik daya tarik dan memiliki interaksi dengan target konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dari produk pasta gigi Pepsodent yang menggunakan motif batik parang untuk ilustrasi pada kemasannya, motif parang tersebut merupakan motif yang khusus dan hanya digunakan oleh raja atau dalam hal – hal yang diluar kemasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, konten analisis, dan tinjauan literatur, dan pendekatan semiotika Roland Barthes. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yakni untuk mengetahui dampak budaya batik yang digunakan pada kemasan Pepsodent, hingga komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pepsodent. Dan Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebuah brand ingin menyampaikan pesannya melalui pendekatan motif batik agar harapannya dapat dikenal dan dilestarikan. Motif parang pada kemasan dianggap sebagai manusia harus mampu bergerak cekatan dalam bertindak dan bertanggung jawab, pantang menyerah, serta semangat persatuan kemeredekaan Indonesia, yang medeka dari gigi berlubang. Termasuk pepsodent terus menerus berupaya untuk mengedukasi  kepada masyarakat mengenai perawatan gigi.


Keywords


Pepsodent, Batik Parang, Budaya, Kemasan, Komunikasi

References


Anggraini, Kisna, Skripsi : Analisis Interaksionisme Simbolik, repository.unair.ac.id

Benny H. Hoed, 2014. Semiotik dan Dinamika Budaya (Depok: Komunitas Bambu,)

Brown, Stephen, 2018. eBook tentang : Brands & Branding;

Elya Zulfa & Rima Andriani, Jurnal Dokter Pharmaciana : Formulasi dan uji aktivitas antibakteri pasta gigi kombinasi triklosanekstrak etanol daun suji, Nov 2017

Kotler.Philip, Marketing Management Millenium Edition, Prentice Hall International, 2000

Pepsodent atau yang lain, minat pengguna pasta gigi pepsodent, https://blog.jakpat.net/hasil-survey-pasta-gigi-pepsodent-atau-yang-lain/

Soedewi Samsi, 2011. Teknik dan ragam hias batik Yogya & Solo; Yayasan Titian Masa Depan,

Tinarbuko, Sumbo, 2004. Jurnal Nirmana : Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual

Tom Brannan, 1998. A Practical Guide to Integrated Marketing Communications, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,

Tom Brannan, 2004. Integrated Marketing Communications Upaya Public Relations, Iklan, dan Promosi Untuk Membangun Identitas Merek, Seri Manajemen Pemasaran No. 4, Penerbit : PPM, Jakarta,

Wulandhari, Retno artikel dalam Unilever Jaga Mutu Produk Mulai dari Kemasan https://www.republika.co.id;




DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v2i1.2991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats