Penggunaan Material pada Kemasan Olahan Makanan Produk UMKM di Semarang

Maya Putri Utami

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan badan usaha yang memiliki pengaruh besar sebagai penggerak ekonomi negara. Di Semarang, UMKM yang bergerak di bidang olahan pangan sangat besar. Material pada kemasan merupakan salah satu unsur yang memiliki peranan penting karena berpengaruh pada ketahanan produk dan juga membentuk persepsi konsumen untuk membeli produk, sehingga UMKM membutuhkan pengetahuan mengenai jenis-jenis material kemasan agar dapat memaksimalkan perlindungan produk dan usia produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi bagi UMKM material kemasan yang populer digunakan oleh UMKM di Indonesia terutama Semarang beserta fungsinya, sehingga dapat membantu UMKM di Semarang untuk menemukan material kemasan yang paling sesuai dengan produk yang dijual. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini yaitu membagi jenis material kemasan berdasarkan kemasan yang sering digunakan oleh UMKM di Indonesia, sehingga diharapkan dapat menjadi referensi bagi UMKM di Semarang saat akan memilih kemasan bagi produknya.


Keywords


Kemasan, UMKM, Material Kemasan, UMKM Semarang

References


Cenadi, C. S. (2004). “Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran”.Nirmana, 2(2).

Dainelli, D., Gontard, N., Spyropoulos, D., Zondervan-van den Beuken, E., & Tobback, P. (2008). Active and intelligent food packaging: legal aspects and safety concerns. Trends in Food Science & Technology, 19, S103-S112.

DuPuis, S., & Silva, J. (2008). Package design workbook: The art and science of successful packaging. Rockport Publishers.

Harminingtyas, R. (2013). Analisis fungsi kemasan produk melalui model view dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk rokok kretek merek DJI SAM SOE di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 5(2), 1-18.

Ikhsan, M. F. N. (2020). Semarang Sediakan Akses Penguatan Modal UMKM. Bisnis.com. https://semarang.bisnis.com/read/20201119/536/1319860/semarang-sediakan-akses-penguatan-modal-umkm. Diakses tanggal : 10 Desember 2020

Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (2017). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) 2017-2018. www.depkop.go.id. Diakses tanggal : 10 Desember 2020

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. New York: Pearson.

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 8(2), 181-191.

Prasetyo, P. E. (2008). Peran usaha mikro kecil dan menengah (umkm) dalam kebijakan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran. Akmenika Upy, 2(1), p1-13.

Rahmawati, F. (2013). Pengemasan dan pelabelan. Materi Pelatihan Kewirausahaan bagi kelompok UPPKS.

Robertson, G. L. (2016). Food packaging: principles and practice. CRC press.

Roncarelli, S., & Ellicott, C. (2010). Packaging essentials: 100 design principles for creating packages. Rockport Publishers.

Shopee. (2020). DAPURMAMI Toples Tabung Kaleng Mika Uk. 12oz 10oz 7oz Kue Kering Cookies Tempat Wadah. Shopee.com. https://shopee.co.id/DAPURMAMI-Toples-Tabung-Kaleng-Mika-Uk.-12oz-10oz-7oz-Kue-Kering-Cookies-Tempat-Wadah-i.145043656.2718654187. Diakses tanggal: 10 Desember 2020

Suyanto, S., & Kurniawan, T. A. (2019). Faktor yang mempengaruhi tingkat kepercayaan penggunaan fintech pada UMKM dengan menggunakan technology acceptance model (TAM). AKMENIKA, 16(1).

Wahyudi, E. N., Utomo, A. P., & Mariana, N. (2019). PENGELOMPOKAN JENIS USAHA UMKM KOTA SEMARANG DALAM RANGKA PROSES PEMBINAAN DAN PENDAMPINGAN UNTUK PENGEMBANGAN USAHA DENGAN TEKNIK DATA MINING. Dinamik, 24(1), 13-20.

Wirapax.com. (2020). Kemasan Makanan. Wirapax.com. https://wirapax.com/product-category/plastik-kemasan/kemasan-makanan/. Diakses tanggal: 10 Desember 2020




DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v3i1.2964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats