Tinjauan Desain Propaganda Tolak RUU KUHP Dengan Gaya Meme Di Instagram

Arsita Pinandita, Galih Putra Pamungkas

Abstract


Media sosial telah menjadi medium perubahan sosial dalam masyarakat. Dengan bahasa desain komuniaksi visual ia bisa menjangkau beragam bentuk komunikasi informasi. Selain menjadi ruang bebas dalam berkomunikasi, internet telah menjadi kekuatan baru serta dianggap sebagai alat demokrasi dalam menyampaikan pendapat. Pembentukan persepsi publik dalam media sosial kini tidak hanya sebagai hipotesis dan itu bisa terjadi dimana saja, karena world wide web adalah entitas tanpa batas.

Dalam hal menyampaikan aspirasi atau gagasan, media sosial telah mengambil peran yang signifikan. Aspirasi atau gagasan dengan bentuk propaganda cukup lazim ditemukan dalam media sosial. Propaganda di media sosial juga ikut andil dalam polemik di Indonesia tentang rencana revisi RUU KUHP. Namun meski baru akan digulirkan telah terjadi penolakan yang luar biasa dari masyarakat. Penolakan ini merupakan kekecewaan masyarakat yang menganggap beberapa rancangan undang-undang di nilai kontroversial.

Kekecewaan terhadap rencana revisi RUU KUHP oleh anak muda disampaikan di media sosial dengan propaganda gaya visual meme (baca:mim). Propaganda dengan gaya visual meme disampaikan dengan pendekatan parodi, humor, namun tetap mengandung unsur kritis. Citra meme yang selama ini seringkali dianggap sebagai gaya visual humor dan menghibur terkadang juga mengandung ironi yang mendalam.


Keywords


desain, propaganda, meme

References


Vivian, John. (2008), Teori Komunikasi Massa (Edisi Terjemahan), Prenada Media Group, Jakarta

Heryanto, Gun Gun, dan Rumaru, Shulhan. (2013), Komunikasi Politik Sebuah Pengantar,Ghalia Indonesia, Jakarta.

Smith K., Moriarty S., Barbatsis G., & Kenney K. (2005). Handbook of visual communication : theory, methods, and media. Lawrence Erlbaum Associates, America.

Faizal, Muhammad. (2017), Generasi Phi, Gramedia, Jakarta

Masri, Andry.(2010). Strategi Visual, Jalasutra, Yogyakarta.

Juza, M. (2013). Internet memes–creation, distribution, social meaning. Media Studies, 55.

TIM LITBANG CONCEPT & Adityawan, Arief, (2011), Tinjauan Desain Grafis, Concept Media, Jakarta

Tinarbuko, Sumbo,(2009). Iklan politik dalam realitas media, Jalasutra, Yogyakarta.

Malik, AGITASI DAN PROPAGANDA DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Cyberwar Antar-Netizen terkait Dugaan Penistaan Agama oleh Basuki Tjahaja Purnama Jurnal Lontar Vol.4 No.3, 2016

https://www.forbes.com/sites/kalevleetaru/2019/05/06/is-digital-age-propaganda-fundamentally-different-from-that-of-past-eras/#1b3541c91d50

https://www.cnbcindonesia.com/news/20190923192231-8-101603/kontroversi-revisi-kuhp

https://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2017/08/27/asal-usul-meme-pertama-di-internet-408114




DOI: https://doi.org/10.24167/tr.v2i2.2666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats